Kompas TV nasional aiman

Komisi III DPR RI: Kasus Kaburnya Napi Cai Changpan Ada Orang Dalam Lapas Terlibat - AIMAN (Bag 5)

Senin, 12 Oktober 2020 | 22:04 WIB

Pertama kali terjadi di Indonesia. Seorang narapidana kabur dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) dengan menggali terowongan sejauh 30 meter, tanpa terdeteksi! Proses penggalian dilakukan selama 8 bulan dengan menggunakan alat seadanya. Namun, tanah bekas galian yang ditaksir setara dengan 2 truk, tidak ketahuan rimbanya.
 
Cai Changpan alias Cai Ji Fan (53), terpidana mati kasus narkoba, kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang pada 14 September lalu. Namun, kaburnya Cai baru disadari petugas 11 jam kemudian. Berdasar rekaman kamera pemantau (CCTV), Cai melenggang keluar dari gorong-gorong di permukiman warga yang berada di luar tembok Lapas pada pukul 02.30 WIB. Kemudian, Cai bergerak menuju rumah istrinya di Kecamatan Tenjo, perbatasan Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Bogor. Tim gabungan khusus diterjunkan, guna melakukan pencarian terhadap mantan tentara China itu. Besar dugaan, Cai bersembunyi di hutan Tenjo.
 
Banyak kejanggalan menyertai kaburnya Cai. Bagaimana mungkin proses penggalian tak terendus petugas? Bagaimana cara Cai terhindar dari keracunan gas karbon monoksida saat menyusuri terowongan yang sempit dan sangat panjang? Dan, bagaimana bisa Cai menembus tembok Lapas yang sangat kokoh, seorang diri? Aiman menelusuri jejak kabur gembong narkoba Cai Changpan.
 
Mendatangi wilayah Tenjo, Aiman bertemu dan mewawancarai para saksi mata. Selanjutnya, Aiman mendatangi rumah istri Cai dan menemukan fakta mengejutkan! Aiman juga menyusuri hutan Tenjo yang sangat luas, untuk mencari jejak Cai. Terakhir, Aiman mewawancarai anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Habiburokhman, yang sempat melakukan sidak ke Lapas Tangerang dan menemukan banyak kejanggalan disana. 

Editor : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Peristiwa

BPBD Evakuasi Warga Terdampak Banjir

Minggu, 25 Oktober 2020 | 08:30 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:10
JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 42.522.402 POSITIF, 28.691.126 SEMBUH, 1.148.490 MENINGGAL DUNIA   KEMENDAG DORONG EKSPOR PRODUK HALAL KE NEGARA YANG TAK TERGABUNG DALAM ORGANISASI KERJA SAMA ISLAM (OKI)   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT PERKEMBANGAN INDUSTRI HALAL HARUS SEIRING DENGAN KEBIJAKAN PRO-UMKM   POLISI TETAPKAN 11 TERSANGKA PERUSAK KANTOR DPD NASDEM MAKASSAR SAAT DEMO TOLAK UU CIPTA KERJA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO SEBUT ADA KEPALA DAERAH SENGAJA TIDAK TES KORONA AGAR TETAP DI ZONA HIJAU   DISHUB JATENG: POSKO PANTAU AKAN DIDIRIKAN DI EXIT TOL BREBES, GERBANG TOL KALIKANGKUNG, DAN SIMPANG BAWEN-AMBARAWA   ANTISIPASI LONJAKAN PENDATANG SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER, DISHUB JATENG BUAT 3 POSKO PANTAU   PANTAU WARGA JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN, BUPATI SUMEDANG PASANG CCTV PEMANTAU DI 5 TITIK KERAMAIAN   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN SEBUT TRANSAKSI DIGITAL MENINGKAT HINGGA 64% SELAMA PSBB   SELAMA PANDEMI, GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN SEBUT 1 JUTA ORANG DI JAKARTA BEKERJA DARI RUMAH   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, BUPATI LEBAK TUTUP SELURUH LOKASI WISATA SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER   JELANG LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER, PEJABAT SEMENTARA GUBERNUR JAMBI MINTA POS JAGA PERBATASAN DIAKTIFKAN   PANDEMI KORONA, MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEGASKAN PENANGANAN KESEHATAN DAN EKONOMI HARUS BERSAMAAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD INGATKAN DOKTER SELALU MENGEDEPANKAN INDEPENDENSI DALAM BERTUGAS