Kompas TV nasional aiman

Janggal, Buronan Bawah Tanah Cai Changpan - AIMAN (Bag 4)

Senin, 12 Oktober 2020 | 22:05 WIB

Pertama kali terjadi di Indonesia. Seorang narapidana kabur dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) dengan menggali terowongan sejauh 30 meter, tanpa terdeteksi! Proses penggalian dilakukan selama 8 bulan dengan menggunakan alat seadanya. Namun, tanah bekas galian yang ditaksir setara dengan 2 truk, tidak ketahuan rimbanya.
 
Cai Changpan alias Cai Ji Fan (53), terpidana mati kasus narkoba, kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang pada 14 September lalu. Namun, kaburnya Cai baru disadari petugas 11 jam kemudian. Berdasar rekaman kamera pemantau (CCTV), Cai melenggang keluar dari gorong-gorong di permukiman warga yang berada di luar tembok Lapas pada pukul 02.30 WIB. Kemudian, Cai bergerak menuju rumah istrinya di Kecamatan Tenjo, perbatasan Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Bogor. Tim gabungan khusus diterjunkan, guna melakukan pencarian terhadap mantan tentara China itu. Besar dugaan, Cai bersembunyi di hutan Tenjo.
 
Banyak kejanggalan menyertai kaburnya Cai. Bagaimana mungkin proses penggalian tak terendus petugas? Bagaimana cara Cai terhindar dari keracunan gas karbon monoksida saat menyusuri terowongan yang sempit dan sangat panjang? Dan, bagaimana bisa Cai menembus tembok Lapas yang sangat kokoh, seorang diri? Aiman menelusuri jejak kabur gembong narkoba Cai Changpan.
 
Mendatangi wilayah Tenjo, Aiman bertemu dan mewawancarai para saksi mata. Selanjutnya, Aiman mendatangi rumah istri Cai dan menemukan fakta mengejutkan! Aiman juga menyusuri hutan Tenjo yang sangat luas, untuk mencari jejak Cai. Terakhir, Aiman mewawancarai anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Habiburokhman, yang sempat melakukan sidak ke Lapas Tangerang dan menemukan banyak kejanggalan disana. 

Editor : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Peristiwa

Tabrak Pohon, Truk Terguling ke Sawah

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 23:40 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
02:04
SEBANYAK 831 ORANG LUKA-LUKA DAN 28 LAINNYA TEWAS AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI   SEBANYAK 51 ORANG DAN 2 LAINNYA TEWAS AKIBAT LEDAKAN PIPA GAS DI KOTA SAMAWAH, IRAK   PETENIS NOMOR DUA DUNIA, SIMONA HALEP, POSITIF TERINFEKSI KORONA   MANTAN AKTOR JAMES BOND, SEAN CONNERY, MENINGGAL DUNIA PADA USIA 90 TAHUN   PEBALAP LEWIS HAMILTON JADI YANG TERCEPAT PADA SESI LATIHAN BEBAS PERTAMA FORMULA 1 GRAND PRIX EMILIA ROMAGNA   RUSIA JANJI BANTU ARMENIA JIKA PERANG MELAWAN AZERBAIJAN SUDAH MENYENTUH YEREVAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MINTA MASYARAKAT TAK ANARKISTIS TANGGAPI PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS   SLOVAKIA MULAI PENGUJIAN VIRUS KORONA SECARA MASSAL   SATGAS COVID-19 SUKABUMI: 31 WISATAWAN YANG SEDANG BERWISATA REAKTIF DARI HASIL TES CEPAT KORONA   SATGAS COVID-19: 739.722 SDM TENAGA KESEHATAN SUDAH DISIAPKAN UNTUK VAKSINASI KORONA   PEMPROV JABAR TETAPKAN UMP 2021 SAMA SEPERTI UMP 2020 SEBESAR RP 1.810.351   PEMKOT JAKSEL: HINGGA AKHIR OKTOBER 2020, VAKSINASI RABIES MENCAPAI 70% DARI TARGET 6.500 EKOR HEWAN PELIHARAAN   KEMENTERIAN PUPR: CAPAIAN PEMBANGUNAN PROGRAM SEJUTA RUMAH PER 26 OKTOBER 2020 SEBANYAK 532.254 UNIT   BNPB: TERHITUNG DARI 1 JANUARI-31 OKTOBER 2020, ADA 2.402 BENCANA DI INDONESIA