Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Cabai Merah Akan Jadi Sumber Inflasi Oktober

Kompas.tv - 12 Oktober 2020, 20:44 WIB
cabai-merah-akan-jadi-sumber-inflasi-oktober
cabai merah (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dyah Megasari

JAKARTA, KOMPASTV. Daya beli masyarakat adalah iisu yang harus dituntaskan saat ekonomi melambat bahkan resesi karena pertumbuhan dua kuartal yang negatif berturut-turut. Kenaikan angka inflasi, justru menjadi sinyal, bahwa ekonomi mulai sedikit bergerak.

Berdasarkan survei Bank Indonesia atas Pemantauan Harga pada minggu II Oktober 2020, perkembangan harga pada bulan Oktober 2020 diperkirakan inflasi sebesar 0,02% (month to month / bulanan). 

“Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Oktober 2020 secara tahun kalender sebesar 0,91% (dari awal tahun /YTD), dan secara tahunan sebesar 1,39% (yoy),” jelas Onny Widjanarko, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia.

Baca Juga: Jika Inflasi Terjaga, BI Dinilai Masih Punya Ruang untuk Menurunkan Suku Bunga Acuan

Cabai Penyumbang Inflasi

Masih menurut survei BI, penyumbang utama inflasi pada periode laporan antara lain berasal dari komoditas cabai merah sebesar 0,06% (mtm), minyak goreng dan bawang merah masing-masing sebesar 0,01% (mtm).

Sementara itu, komoditas yang menyumbang deflasi pada periode laporan berasal dari komoditas telur ayam ras sebesar -0.05% (mtm), emas perhiasan sebesar -0,02% (mtm) dan beras sebesar -0,01% (mtm).

Baca Juga: Pandemi Corona Buat Inflasi Terusik, Puncak Inflasi Diperkirakan Bergeser ke Akhir Tahun

“Deflasi adalah tolok ukur, daya beli atau minat masyarakat pada suatu barang menurun,” ujar Suharyanto, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS).

Di luar pandemi, kenaikan harga suatu barang atau komoditas, seperti cabai dipengaruhi opeh masa panen dan lonjakan permintaan. Sebaliknya, jika harga turun alias deflasi, biasanya panen melimpah, sedangkan permintaan tidak meningkat. (Dyah Megasari)

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.