Kompas TV regional berita daerah

Warga di Sikka Rebutan Air Bersih Bantuan BPBD

Kompas.tv - 12 Oktober 2020, 16:42 WIB
Penulis : KompasTV Kupang

KUPANG, KOMPAS.TV - Di tengah pandemi covid-19, warga pada 13 kecamtan di Kabupaten Sikka juga dihadapkan dengan kesulitan air bersih akibat kemarau panjang. Banyak sumber air yang mengering dan berpotensi terjadinya gagal panen.

Seperti yang terjadi di Desa Paga, Kecamatan Paga, warga terpaksa saling berebutan air bersih saat petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sikka menyalurkan bantuan satu unit mobil tengki air bersih.

Bantuan air bersih dari BPBD Sikka itu guna mencukupi kebutuhan rumah tangga warga di desa tersebut.

Mirisnya, jaringan air bersih dan bak penampung milik pemerintah hanya menjadi hiasan halaman rumah warga karena air tak pernah mengalir.

Untuk mendapatkan air bersih, warga terpaksa mengeluarkan uang hingga ratusan ribu rupiah guna membeli air gentong yang dijual keliling. Selain itu, warga juga selalu menggali lubang resapan di tepi kali guna mendapatkan air bersih.

Data BPBD Kabupaten Sikka, terdapat 13 kecamatan mengalami krisis air bersih akibat kemarau panjang di tengah ancaman pandemi covid-19 saat ini.

Pihak BPBD telah mendistribusikan air bersih di tiap kecamatan terdampak kekeringan guna menanggulangi krisis air bersih yang dialami warga selama ini.

#rebutanair #krisisairbersih #bantuanairbersih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x