Kompas TV regional berita daerah

Belajar Tata Surya Dengan Teknologi Augmented Reality

Kompas.tv - 12 Oktober 2020, 15:09 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Surabaya, KompasTV Jawa Timur - Mahasiswa  Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya membuat inovasi media pembelajaran tata surya berbasis aplikasi augmented reality / AR atau virtual tiga dimensi.

Media pembelajaran unik ini ditujukan sebagai salah satu media belajar interaktif bagi siswa SD saat melakukan pembelajaran daring di masa pendemi seperti saat ini.

Inilah aplikasi Virtual 3D terkait pembelajaran tata surya yang dirancang oleh Nur Fauziah dan beberapa mahasiswa Unusa lainnya. Media pembelajaran unik ini sengaja dirancang oleh Fauziah dan tim untuk membantu mempermudah guru dalam mengenalkan beragam Planet di tata surya. Termasuk fungsi dan aktivitasnya secara interaktif dan menarik kepada siswa.

Cara kerja aplikasi ini pun tergolong sederhana,  dimana gawai dari siswa hanya perlu membuka aplikasi AR yang sudah dirancang tersebut. Kemudian melakukan scan barcode atau pindai barcode yang sudah disediakan. Maka secara otomatis, animasi virtual 3 dimensi tata surya tersebut akan langsung muncul dalam gawai siswa.

Siswa dapat mempelajari detail tiap Planet, serta orbit setiap benda yang mengelilingi Matahari.

“Dengan adanya media pembelajaran ini, guru lebih efisien dan efektif dalam pembelajaran. Dan mengevaluasi pun meningkat daripada hanya menggunakan poster. Dalam masa pandemi ini kami sosialisasi secara virtual mengenai penggunaannya, jadi mekanismenya guru-guru sudah tahu.” Pungkas Fauziah, yang kini bersama tim tengah focus mengaplikasikan inovasinya di Sekolah Dasar, di Madura.

Saat ini aplikasi tersebut masih dalam proses sosialisasi kepada para guru di tingkat Sekolah Dasar, terkait teknis penggunaannya. Diharapkan dengan media pembelajaran tersebut siswa dapat dengan mudah mengerti terkait sistem tata surya.

 

#Surabaya #Jatim #AR #Augmented #Reality #Tata #Surya #Solar #System

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x