Kompas TV nasional politik

Ini Sosok Menteri Pencetus Omnibus Law Cipta Kerja

Kompas.tv - 11 Oktober 2020, 15:20 WIB
ini-sosok-menteri-pencetus-omnibus-law-cipta-kerja
Ilustrasi Omnibus Law (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membongkar sosok orang yang mencetuskan istilah Omnibus Law kali pertama.

Dari istilah tersebut kemudian muncul Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Lapangan Kerja yang belakangan berganti jadi RUU Cipta Kerja.

Pada Senin (5/10/2020) lalu, DPR RI bersama Pemerintah telah mengesahkan RUU Cipta Kerja tersebut menjadi undang-undang.

Baca Juga: Mantan Ketua DPR Marzuki Alie Blak-blakan Ongkosi Mahasiswa Demo Tolak Omnibus Law Cipta Kerja

Menurut Luhut, orang yang mencetuskan istilah Omnibus Law kali pertama itu adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Menteri ATR, Sofyan Djalil.

Luhut mengatakan, Sofyan Djalil mengetahui istilah Omnibus Law lantaran pernah menapaki pendidikan di Amerika Serikat.

"Istilah Omnibus Law ini keluar dari Pak Menteri ATR. Karena beliau belajar soal ini di Amerika dulu," kata Luhut dalam sebuah tayangan virtual yang dikutip dari Tribunnews.com pada Minggu (11/10/2020).

Sofyan Djalil (Sumber: BPN via Tribunnews)

Luhut menceritakan, awalnya dia diberi tahu kalau oleh Sofyan Djalil kalau ada aturan yang bisa menyatukan semua regulasi yaitu Omnibus Law.

Baca Juga: ICMI Desak Presiden Jokowi Segera Terbitkan Perppu Omnibus Law Cipta Kerja

"Dia (Sofyan Djalil) mengatakan kepada saya 'Pak Luhut, ada yang bisa menyatukan (semua regulasi) ya ini ada Omnibus Law'," ujar Luhut.

Menteri Semua Zaman

Dilansir dari Kompas.com, Sofyan Djalil memang bukanlah sosok orang sembarangan. Dia diketahui sudah beberapa kali masuk dalam kabinet pemerintahan menjabat sebagai menteri.

Luhut bahkan sempat bergurau dengan menyebut Sofyan sebagai 'menteri semua zaman'. Betapa tidak, pria kelahiran Aceh Timur 23 September 1953 itu pernah menjadi menteri di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Di era tersebut, Sofyan manjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika. Janatan itu disandangnya dari Oktober 2004 sampai Mei 2007. Tak hanya itu, Sofyan juga pernah menjabat sebagai Menteri BUMN.

Baca Juga: Karena Tolak UU Cipta Kerja, Demokrat Klaim Diterjang Gelombang Fitnah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x