Kompas TV video cerita indonesia

OPM Menolak TGPF Bentukan Menko Polhukam Mahfud MD

Kompas.tv - 10 Oktober 2020, 19:13 WIB
Penulis : Aryo bimo

PAPUA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom menolak Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) bentukan Menko Polhukam Mahfud MD.

Sebby Sambom menyampaikan hal tersebut melalui video whatsapp, seusai terjadinya peristiwa penembakan terhadap TGPF yang sedang bertugas di Intan Jaya, Papua, Jumat (9/10/20). 

Baca Juga: Rombongan TGPF Diserang KKB Usai Olah TKP Penembakan Pendeta Yeremias

"Selamat siang untuk semua, saya Sebby Sambom juru bicara TPNPB-OPM. Beberapa hari yang lalu saya berkomunikasi kepada pasukan kami di lapangan. Kami sudah mengumumkan melalui video bahwa kami menolak tim investigasi bentukan Mahfud MD", ujar Sebby.

Jubir TPNPB-OPM menyatakan bahwa pihaknya meminta Tim Investigasi PBB untuk menangani masalah penanganan HAM di Papua. 

"Kami minta tim yang dipimpin oleh Komisi HAM PBB ke Papua untuk investigasi menyeluruh pelanggaran HAM yang terjadi dari tahun 1963 sampai hari ini. Titik", kata Sebby.

Baca Juga: Diserang KKB, Anggota TGPF Intan Jaya Dievakuasi ke Jakarta

Pihak TPNPB-OPM bahkan mengancam akan menembak tim investigasi buatan pemerintah Indonesia.

"Tidak ada yang tawar menawar dengan pasukan TPNPB, kami siap menembak tim bentukan Indonesia. Terima kasih atas perhatiannya," tutup Sebby.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.