Kompas TV regional berita daerah

Bawang Merah Dan Gula Aren Masuk Pasar Jepang

Kompas.tv - 9 Oktober 2020, 20:05 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pada Rabu malam  kembali  melakukan Ekspor  hasil pertanian dan perikanan langsung dari Bandara Samratulangi Manado ke Jepang. Untuk Ekspor tahap ketiga angkanya  makin bertambah, dari sebelumnya 6,1 ton kini menjadi 9,1 ton.

Ekspor komoditas langsung dari Bandara Sam Ratulangi Manado ke Bandara Narita Jepang terus berlanjut dengan volume yang makin besar dan jenis yang semakin variatif. Antara lain komoditas Gula Aren dan rempah jenis Bawang Merah.

Ekspor komoditas ini dilakukan melalui penerbangan langsung Direct Call menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia  A 330-200. Sudah tiga kali barang-barang hasil pertanian dan perikanan  asal Sulawesi Utara dan daerah lainnya di kawasan Indonesia timur di ekspor langsung ke Jepang.

Ada pun komoditas yang di ekspor ditahap tiga ini, untuk hasil perikanan seperti tuna sirip kuning dan ikan hias air laut serta ikan nila  sebesar 7,8 ton, sedangkan untuk pertanian yaitu bawang merah dan gula aren sebesar 1,3 ton.

Dengan adanya Direct Call ekspor ini, selain manfaat berupa kecepatan waktu pengiriman dan terjaminnya kualitas barang, eksportir akan diuntungkan dengan menurunnya biaya logistik dengan perkiraan 35-50%. Besarnya penurunan biaya logistik ini tentu saja akan berpengaruh terhadap daya saing produk Sulut di negara Jepang.

#kompastvmanado #ekspor #garudaindonesia

Jimmy Dapar Kompastv Manado

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.