Kompas TV regional berita daerah

Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Pemerintah NTT Akan Benahi Bendungan Waikelo Sawah

Kompas.tv - 9 Oktober 2020, 19:22 WIB
Penulis : KompasTV Kupang

KUPANG, KOMPAS.TV - Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Jumat siang tadi meninjau kondisi bendungan Waikelo Sawah di Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Didampingi Bupati Sumba Barat Daya, Kornelis Kodi Mete serta para pejabat Pemerintah NTT dan Sumba Barat Daya, Gubernur NTT melihat dari dekat kondisi bendungan yang dibangun sejak puluhan tahun silam itu.

Saat ini kondisi bendungan Waikelo Sawah sudah tidak maksimal menyuplai air ke lahan persawahan warga sehingga musim tanam hanya berlangsung dua kali dalam setahun.

Karena itu Gubernur NTT berencana segera membenahi bendungan tersebut agar masyarakat dapat menanam padi 3 kali dalam setahun.

Selain itu pula, Pemerintah NTT bersama Pemerintah Sumba Barat Daya akan mengganti mesin pembangkit listrik tenaga air di bendungan itu agar dapat menyuplai listrik bagi warga sekitar.

Usai meninjau bendungan Waikelo Sawah, Gubernur NTT bersama rombongan bertolak ke Kecamatan Wunakaka, Kabupaten Sumba Barat untuk melakukan panen perdana padi.

Padi yang dipanen Gubernur NTT bersama para pejabat itu merupakan hasil tanam pada musim tanam ketiga tahun ini.

Diharapkan dengan 3 kali musim tanam yang dilakukan warga, Pulau Sumba bisa menjadi lumbung pangan nasional ke depannya.

#gubernurntt #tinjaubendungan #panenpadi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.