Kompas TV regional berita daerah

Lestarikan Batik Melalui Parade Layangan Sawangan Bermotif Batik

Kompas.tv - 9 Oktober 2020, 11:06 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Warga di Kabupaten Jember Jawa Timur menggelar parade layang layang sawangan dengan motif batik. Selain untuk menjaga permainan tradisional, kegiatan ini juga untuk melestarikan batik sebagai warisan nenek moyang.

Parade layang layang sawangan bertema batik di gelar di lapangan Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Jawa Timur pada Selasa (06/10). Peserta parade berasal dari sejumlah desa di Kecamatan Sukorambi, yang merupakan pemain dan pecinta layang layang sawangan.

Baca Juga: Lomba Layang - layang Sawangan Lestarikan Permainan Tradisional

Beragam motif batik mewarnai layang layang sawangan yang mempunyai ukuran besar antara 1 meter hingga 1,5 meter. Mereka mengkombinasikan motif dengan aneka lukisan seperti wayang dan bunga.

Salah satu peserta, yakni Ramli mengaku bahwa peserta harus kreatif dalam memadukan gambar dengan ukuran layang layang agar terlihat serasi dan indah. Selain itu peserta juga harus menguasai teknik menerbangkan layang layang sawangan, karena ukurannya yang lebih besar dari layang layang pada umumnya.

Baca Juga: Batik Tulis dengan Dominasi Warna Merah Putih

Panitia kegiatan, Bambang Rudianto mengatakan kegiatan ini untuk melestarikan batik yang merupakan warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

Karena di masa pandemi covid-19, jumlah peserta parade dibatasi hanya 20 orang. Peserta, panitia dan warga harus menggunakan masker dan jaga jarak.

 

#LayanganSawangan #MelestarikanBatik #WarisanBudayaDunia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x