Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Jember Berikan Kartu Asuransi ke 5.578 Nelayan

Kompas.tv - 8 Oktober 2020, 20:08 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur membagikan kartu asuransi nelayan ke 5.578 warga. Kartu asuransi nelayan berfungsi sebagai jaminan keselamatan dan kecelakaan kerja nelayan.

Kartu asuransi nelayan dibagikan secara simbolis oleh pelaksana tugas bupati Jember Jawa Timur Abdul Muqit Arief kepada nelayan di kantor kecamatan Puger pada Selasa (06/10).

Pembagian kartu asuransi nelayan juga dilakukan secara bersamaan dengan sistem daring dan luring yang digelar serentak di 6 kecamatan, yakni kecamatan Puger, Gumukmas, Kencong, Ambulu, Tempurejo dan Wuluhan.

Baca Juga: Polisi Bagikan Sembako ke Nelayan di Tengah Laut

Plt. Bupati Jember, Abdul Muqit Arief mengatakan bahwa pemerintah kabupaten Jember mengalokasikan anggaran sebesar 190 juta lebih untuk asuransi nelayan dengan jumlah penerima 5.578 orang.

Pengadaan kartu asuransi ini bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Diharapkan dengan kartu asuransi nelayan memiliki jaminan perlindungan.

Muqit Arief menegaskan kartu asuransi tersebut sangat bermanfaat karena nelayan sering mengalami musibah saat melaut mencari ikan. Perahu mereka terbalik diterjang ombak, banyak nelayan yang luka-luka dan tidak sedikit yang meninggal.  

Baca Juga: 3 Perahu Nelayan Tergulung Ombak Laut Selatan

Nelayan mengaku senang dengan adanya kartu asuransi tersebut karena aktivitas mencari ikan di laut mempertaruhkan keselamatan jiwa.

Salah satunya disampaikan oleh Nanang Sucipto, ia berharap dengan asuransi ini nelayan memiliki jaminan sosial.

Selain memberikan jaminan perlindungan, pemerintah juga ingin meningkatkan kesejahteraan nelayan yang ada di pesisir selatan Jember.

 

#KartuAsuransi #Nelayan #KeselamatanKerja #PerlindunganKerja



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x