Kompas TV regional berita daerah

4 Prodi Magister UMY Jadi Tujuan Beasiswa LPDP, Begini Cara Aksesnya

Kompas.tv - 7 Oktober 2020, 15:29 WIB
4-prodi-magister-umy-jadi-tujuan-beasiswa-lpdp-begini-cara-aksesnya
Ilustrasi belajar online (Sumber: Pixabay)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kembali dibuka pada tahun ini. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi salah satu perguruan tinggi yang mendapatkan dukungan biaya pendidikan LPDP 2020.

Ada empat program studi dari Magister Pascasarjana UMY masuk dalam daftar tujuan penerima beasiswa LPDP, yaitu Prodi Magister Ilmu  Pemerintahan, Magister Hubungan Internasional, Magister Keperawatan, dan Magister Administrasi Rumah Sakit.

Menurut Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Internasional UMY, Achmad Nurmandi, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hanya membuka dua jenis beasiswa LPDP pada tahun ini, yakni beasiswa LPDP Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) dan beasiswa LPDP pendidik.

“Karena pandemi Covid-19 jadi hanya dua beasiswa itu yang dibuka,” ujarnya, dalam siaran pers, Rabu (7/10/2020).

Baca Juga: Pondok Pesantren Jadi Klaster Baru Di Semarang

Beasiswa LPDP PTUD diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah mendapatkan Letter of Admission/Acceptance Uncoditional dari Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktor.

Sementara, beasiswa LPDP pendidik ditujukan kepada guru tetap yang berada di sekolah lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kepedidikan (NUPTK). Selain itu, beasiswa ini juga bisa diakses oleh dosen tetap pada perguruan tinggi di lingkunghan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementrian Agama yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN).

Nurmandi menuturkan pendaftaran beasiswa LPDP untuk empat prodi magister UMY tersebut disesuaikan dengan jadwal pendaftaran beasiswa LPDP Kemenkeu RI, yakni mulai 6 Oktober sampai 20 Oktober 2020. Persyaratan pendaftaran juga mengacu pada persyaratan pendaftaran beasiswa yang dikeluarkan oleh LPDP, yang terdiri dari persyaratan umum dan persyaratan khusus bagi pendaftar beasiswa LPDP PTUD. 

Sejumlah persyaratan umum pendaftaran Beasiswa LPDP 2020, meliputi

1. WNI

2. Telah menyelesaikan studi program diploma 4 (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program studi magister (S2) untuk beasiswa Doktor; atau diploma empat (D4/sarjana (S1) langsung Doktor dengan ketentuan sebagai berikut:



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.