Kompas TV regional berita daerah

Kriminolog Universitas Lampung Soroti Angka Kriminalitas di Lampung

Kompas.tv - 7 Oktober 2020, 13:20 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Aksi kriminalitas yang kerap terjadi di Lampung akhir-akhir ini menyita perhatian sejumlah pihak.

Pasalnya tidak hanya merugikan masyarakat yang kerap menjadi korban kejahatan, pelaku kriminalitas juga tidak segan melukai hingga menimbulkan kerugian materil bagi korban.

Kota Bandar Lampung menjadi salah satu kota yang disoroti karena maraknya aksi kejahatan mulai dari pembobolan mesin ATM, pencurian sepeda motor disejumlah tempat yang kerap terekam kamera CCTV, penyalahgunaan narkoba dikalangan masyarakat, hingga aksi kriminal lainnya yang kerap meresahkan warga.

Lalu bagaimana kata ahli hukum terkait aksi kejahatan yang akhir-akhir ini marak terjadi di Kota Bandar ?

Menurut Kriminolog Universitas Lampung, Profesor Sunarto mengatakan penegak hukum harus pro aktif dalam menyikapi masalah kriminalitas, mampu membaca gejala yang timbul dan berkembang di masyarakat. Dan tidak reaktif dalam menyikapinya, sehingga bisa melakukan upaya preventif sebelum aksi kriminal terjadi.

Di tengah pandemi Covid-19 masyarakat dihadapkan pada situasi sulit baik dari sektor ekonomi maupun sosial. Kriminalitas juga bisa ditimbulkan karena adanya kesenjangan ekonomi yang berasal dari banyaknya masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan hingga harus melakukan perbuatan yang melanggar hukum untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Baca Juga: Usai Edarkan Uang Palsu, 2 Tersangka Dibekuk Polisi

Kerja sama semua pihak terutama pemegang kebijakan baik pemerintah, dan kepolisian untuk bekerja sesuai porsi dan kebijakannya agar mampu menciptakan kondisi yang nyaman dan aman bagi masyarakat.

#kriminolog #kriminalitas #angkakriminalitas 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x