Kompas TV internasional kompas dunia

Tak Ada Kasus Covid-19 Baru Dalam Komunitas, Di Selandia Baru Sudah Tidak Wajib Pakai Masker

Kompas.tv - 7 Oktober 2020, 05:52 WIB
tak-ada-kasus-covid-19-baru-dalam-komunitas-di-selandia-baru-sudah-tidak-wajib-pakai-masker
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Tussie Ayu

WELLINGTON, KOMPAS.TV – Mulai berlaku pada hari Kamis, 8 Oktober 2020 pukul 00.00 waktu setempat, seluruh Selandia Baru akan berada di status level 1 dalam kesiagaan di masa pandemi. Level 1 berarti kehidupan sudah seperti normal tanpa masker dan pembatasan jarak sosial.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern membuat pengumuman ini pada Senin (5/10/2020). Sebelumnya, Auckland adalah satu-satunya kota di Selandia Baru yang masih berada di level 2, karena masih terdapat beberapa kasus Covid-19 disana.

PM Ardern mengatakan, semua tanda-tanda menunjukkan bahwa wabah Covid-19 sudah terkendali di Selandia Baru. Bahkan menurutnya, ada kemungkinan sebesar 95 persen bahwa kluster yang masih berada di Auckland, bisa dieliminasi.

Perubahan level kewaspadaan menjadi level 1 di seluruh Selandia Baru, membuat negara ini sudah bebas dari batasan-batasan sosial. Saat ini sudah tidak ada batasan untuk melakukan pertemuan besar, dan tidak ada aturan jarak sosial di tempat-tempat umum.

Pemakaian masker juga sudah tidak diwajibkan, meskipun pemerintah masih mendorong penumpang untuk memakainya di angkutan umum.

Meskipun sudah melonggarkan aturan, namun pejabat di kementerian kesehatan mendesak orang-orang untuk tetap berhati-hati dan melakukan tes Covid-19 jika mereka merasa tidak sehat.

Saat ini kasus Covid-19 di Selandia Baru memang sudah sangat rendah. Berdasarkan data hingga Selasa (6/10/2020), saat ini hanya ada 43 kasus Covid-19 di seluruh Selandia Baru. Dari jumlah itu, 37 kasus di antaranya merupakan kasus impor, yaitu kasus Covid-19 yang didapatkan dari luar negeri. Sedangkan 6 kasus sisanya adalah kasus yang berasal dari komunitas masyarakat di Selandia Baru.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.