Kompas TV nasional peristiwa

Cegah Covid-19, Mendagri Tito Sarankan Hindari Minum Es

Kompas.tv - 6 Oktober 2020, 23:00 WIB
cegah-covid-19-mendagri-tito-sarankan-hindari-minum-es
Mendagri Tito Karnavian. (Sumber: surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyarankan masyarakat tidak minum air dingin di masa pandemi virus corona (Covid-19). Menurut Tito virus ini bisa bertahan sangat kuat di tempat-tempat bersuhu dingin.

"Upayakan hindari betul minuman yang dingin, es-esan. Ingat, virus ini adalah virus berlemak, sifat lemak itu makin kuat di tempat yang dingin, dia akan mengeras. Upayakan hindari minuman dingin, minuman es, dan lain-lain, karena virus ini akan kuat di tempat dingin virus berlemak," kata Tito.

Hal lain menurut Tito bisa mencegah penularan virus corona adalah rajin cuci tangan dengan sabun. Dia bilang bermacam jenis sabun mengandung bahan kimia berjenis ether yang mampu membunuh lemak virus corona.

"Bisa sabun, deterjen, tapi tak hanya itu, cuci tangan dengan hand sanitizer yang berbasis alkohol, klorin, dan masker juga bisa jadi alat perang nomor 1," ujar Tito.

Tito juga mengatakan selama Corona ini membuat kebijakan agar pegawai di Kemendagri tidak makan makanan dari luar. Dia meminta seluruh pegawai Kemendagri membawa bekal selama pandemi ini.

"Di Kemendagri saya sudah meminta salah satu kebijakan saya agar makan siang, minuman, bawa masing-masing. Jadi seperti kita sekolah dulu, pakai kotak plastik Tupperware itu bawa roti, atau bawa nasi sayur dan lain-lain dalam tempat yang sama, bawa sendok-garpu masing-masing yang dibawa dari rumah,” jelas Tito. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x