Kompas TV regional berita daerah

Kasus Korupsi Mantan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah Di Vonis 3 Tahun

Selasa, 6 Oktober 2020 | 15:12 WIB

Sidoarjo, KompasTV Jawa Timur - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Surabaya, yang diketuai oleh Hakim Tjokorda Gede Arthana akhirnya menjatuhkan putusan penjara selama 3 tahun kepada mantan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Hakim juga menjatuhkan denda sebesar 200 juta rupiah, dan subsider 6 bulan penjara kepada terdakwa.

Menurut majelis Hakim, Saiful Ilah terbukti telah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan melanggar Undang-Undang pemberantasan korupsi. Bahkan menurut majelis Hakim, terdakwa dinilai tidak berterus terang dan terbelit-belit sepanjang jalannya persidangan.

Meski telah dinyatakan bersalah, namun terdakwa Saiful Ilah tetap menolak bahwa dirinya turut melakukan korupsi.

“Kita ngga dapat uangnya, saya ngga minta-minta juga. Itukan semua (hanya) keterangan dari tiga orang itu (saksi) bukan keterangan saya itu.” Ujar Mantan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah usai menjalani siding vonis (05/10).

Terdakwa juga membantah menikmati hasil uang suap, atas proyek pengadaan 4 proyek infrastruktur di Dinas PUPR.

Bersama tim penasihat hukumnya, Saiful Ilah akan mengajukan banding terkait dengan vonis majelis Hakim tersebut.

Sementara itu, menurut Jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi, Arief Suhermanto, pihaknya tetap akan melanjutkan pemeriksaan terhadap terdakwa Saiful Ilah terkait degan kasus lain. Yakni dugaan pencucian uang yang diduga juga dilakukan olehnya.

“Majelis Hakim menyerahkan kembali kepada JPU, Kami juga menyampaikan dalam persidangan bahwasanya pemblokiran itu masih terkait dengan perkara beerikutnya yang masuk dalam proses penyidikan. Kami masih ada penyidikan atas nama terdakwa Saiful Ilah yaitu perkara gratifikasi.” Pungkas Jaksa Penuntut Umum KPK, Arief Suhermanto.
 

#Sidoarjo #Jatim #Korupsi #Bupati #KPK #Saiful #Ilah #Gratifikasi #Hukum

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim

Penulis : KompasTV Surabaya


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:45
BACA LIPUTAN SEPUTAR VAKSINASI COVID-19 DALAM HARIAN KOMPAS EDISI KHUSUS: KLIK.KOMPAS.ID/EDISIVAKSIN   GARDA REVOLUSI IRAN MENGUJI COBA RUDAL BALISTIKNYA TERHADAP TARGET DI SAMUDRA HINDIA   BRASIL KIRIM KEMBALI DOKUMEN UNTUK PENGGUNAAN DARURAT VAKSIN KORONA SPUTNIK V BUATAN RUSIA   MENKEU PORTUGAL JOAO LEAO POSITIF TERINFEKSI KORONA   ITALIA MENANGGUHKAN PENERBANGAN DARI BRASIL ATAS TANGGAPAN JENIS BARU VIRUS KORONA   GOR SUDIRMAN DI GARUT, JABAR, DISEGEL KARENA MELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   JEMBATAN PENGHUBUNG JALUR TRANS-KALIMANTAN DI KECAMATAN MATARAMAN, BANJAR, KALSEL TERPUTUS   PVMBG: SELAIN GUNUNG SEMERU, GUNUNG API ILE LEWOTOLOK DAN GUNUNG SINABUNG JUGA AKTIVITAS VULKANIKNYA MASIH TINGGI   BPBD JATIM IMBAU WARGA TIDAK BERAKTIVITAS DI AREA DALAM RADIUS 1 KILOMETER DARI PUNCAK GUNUNG SEMERU   SEMBILAN KECAMATAN DI PROBOLINGGO TERDAMPAK HUJAN ABU VULKANIK GUNUNG SEMERU   TIM SAR TERUS SISIR PENCARIAN KORBAN YANG TERJEBAK DALAM RERUNTUHAN GEMPA DI MAMUJU, SULAWESI BARAT   BNPB MINTA MASYARAKAT MAMUJU TAK TERPENGARUH ISU HOAKS SOAL GEMPA BUMI SULAWESI BARAT   BAKAMLA MENGUSIR KAPAL VIETNAM YANG BERDALIH MESIN KAPAL RUSAK DI LAUT NATUNA   KEMENKES: ORANG TANPA GEJALA COVID-19 TETAP BISA DIBERI VAKSIN