Kompas TV regional berita daerah

Tilik Bayi Yang Sakit, Jadi Klaster Baru di Ponorogo

Kompas.tv - 6 Oktober 2020, 11:24 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Ponorogo, KompasTV Jawa Timur - 5 Ambulans  diberangkatkan Satgas Covid-19 puskesmas kecamatan Ponorogo, kabupaten Ponorogo, untuk mengantar 28 orang melakukan tes Swab/Usap di Rumah Sakit Umum Daerah Ponorogo (05/10). 

Klaster baru ini muncul dari seorang ibu yg baru melahirkan di bidan setempat pekan lalu. Sepekan kelahiran, bayi mengalami sakit gejala diare.

Setelah dilakukan Rapid test dengan hasil reaktif, sang ibu bayi kemudian di tes Swab/Usap yang ternyata hasilnya terkonfirmasi terpapar Virus Corona. Sementara, untuk sang bayi sendiri masih menunggu hasil tes Swab yang belum keluar. 

Any Damayanti, Kepala Puskesmas kabupaten Ponorogo menjelaskan, dari tracing sementara, ada puluhan warga yg saat itu melakukan “tilik” atau menjenguk bayi secara bergantian. 5 anggota keluarga inti, termasuk Bidan yg membantu proses persalinan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kalau dari keluarga ada 5 orang yang memang tinggal di rumah itu, kita juga melakukan pendekatan ke RT dan lingkungan (untuk tracing) siapa saja yang jagong (jenguk) bayi disana. Dari kontak eratnya, apakah jagong bayinya banyak dalam arti memenuhi kriteria kontak erat.” Jelas Any saat ditemui di kantor Puskesmas kecamatan Ponorogo.

Selain 28 warga ini, sesuai hasil tracing, akan disusul tes Swab terhadap 29 orang lainnya dari klaster baru “tilik” bayi di wilayah kabupaten Ponorogo ini.

 

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x