Kompas TV regional agama

Upacara Ngerebong Ditengah Pandemi Covid 19

Kompas.tv - 5 Oktober 2020, 14:59 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Pura Petilan Kesiman Yang Sering Disebut Pura Pengrebongan,Ditengah Pandmi Covid 19, Menggelar Upacara Yang Berbeda Dengan Upacara Yang Biasanya/.Setiap 6 Bulan Saat Upacara Ngerebong Selalu Dihiasi Pnjor Megah Sehari Sebelum Upacara Sudah Menjulang Indah,Hasil Kreativitas Anak Muda Kesiman .
Hal Ini Karena Adanya Surat Edaran Gubernur Bali, Majelis Desa Adat Serta Phdi Bali Dalam Pembatasan Kegiatan Upacara/ Yang Bertujuan Untuk Menghindari Klaster Upacara Covid 19. Melalui Kesepakatan Bersama/ Diputskan Tradisi Ngerebong Dilakukan Ngubeng, Yakni Upacara Kecil Yang Hanya  Melibatkan Prajuru Adat Bersama Pemangku Pura. Upacara Ngubeng Di Pura Pengerbongan Ini Pun Tetap Dengan Protokol Kesehatan Tanpa Mengurangi Makna.
Sebelumnya Juga Upacara Pengebekan Dan Upacara Pemagpag Di Pura Ini Dilakukan Secara Ngubeng . Dalam Persembahyangan Biasanya Melibatkan 34 Banjar Adat Sekaligus, Kini Umat Yang Akan Melakukan Persembahyangan Juga Dibatasi .
Selain Upacara Pengrebongan Secara Sederhana Atau Ngubeng , I Nyoman Gede Widarsa Selaku Sekretaris Desa Adat Kesiman Juga Meniadakan Lomba Penjor Dan Malam Pentas Seni


Upacara Ngerebong Di Pura Petilan Kesiman Ini Jatuh Setiap 6 Bulan Sekali Yakni Pada Wuku Atau Penanggalan Bali , Redite Pon Medangsia. Upacara Kali Ini Hanya Dilaksanakan Sehari Dan Tidak Nyejer.

#upacaraagama #hindu #upacarangerebong #tradisibudaya #tradisibali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x