Kompas TV regional berita daerah

Viral Temuan Uang Di Mobil Timses Pilkada Mojokerto

Kompas.tv - 5 Oktober 2020, 14:16 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Mojokerto, KompasTV Jawa Timur. - Beredar video mobil yang dicorat-coret dengan nomor dan nama salah satu pasangan calon Bupati dan wakil Bupati di Mojokerto, sejak tiga hari terakhir viral di media sosial.

Dalam video tersebut, perekam menunjukkan uang pecahan seratus ribuan yang tercecer di bangku penumpang depan dan tengah. Video tersebut langsung memantik reaksi di masyarakat.

Santoso, Ketua tim pemenangan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Ikfina Fahmawati dan Muhammad Albarra, mengaku masih akan melakukan klarifikasi kepada pemilik mobil maupun pembuat video.

“sangat, akan jadi kajian kami. Apalagi musim saat ini kita banyak disoroti terkait Covid-19 banyak menimbulkan dari sisi ekonomi. Pamer seperti ini kan tidak baik. Akan klarifikasi motifnya apa dan memang bagaimana ceritanya kita belum tahu. Kita masih kampanye, posisi mobil tidak dalam (masa) kampanye.” Ungkap Santoso ketika ditanyai pewarta terkait video viral tersebut.

Santoso memastikan, bahwa aksi merekam tersebut tidak dilakukan saat proses kampanye yang dilakukan pasangan calon yang didukungnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu kabupaten Mojokerto, Aris Fahrudin Asy'at mengaku telah melakukan investigasi dan melakukan klarifikasi terhadap pemilik mobil yang viral tersebut.

“kita kemarin lakukan investigasi motifnya. Satu, uang itu untuk beli properti dan kedua, itu untuk iseng2 saja. Tapi tidak cukup disana, Bawaslu akan melakukan investigasi lebih dalam terkait video yang viral tersebut. Karena dalam ketentuan uang ini belum dipakai untuk perbuatan yang melawan hukum, sesuai dengan ketentuan pasal 73 UU 10/2016 yang mengatur money politic atau tindakan lain” Ujar Ketua Bawaslu kabupaten Mojokerto, Aris Fahrudin Asy'at.

Terkait ada atau tidaknya dugaan money politic dan pelanggaran Pilkada, Bawaslu masih akan melakukan kajian dan investigasi lanjutan. Didampingi tim dari sentra penegakan hukum terpadu (gakkumdu), yang berisi perwakilan dari anggota polri dan kejaksaan.

#Mojokerto #Jatim #Virqal #Video #Tmses #Pilkada #Money #Politic

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x