Kompas TV regional berita daerah

Pandemi Covid-19 Rutan Fasilitasi Layanan Video Call Bagi Warga Binaan

Kompas.tv - 5 Oktober 2020, 10:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

WONOSOBO, KOMPAS.TV - Layanan Vicado atau video call door to door diberikan oleh Rumah Tahanan Kelas IIB Wonosobo, Jawa Tengah, untuk warga binaan. Layanan ini digagas karena sudah berbulan-bulan lamanya para warga binaan tidak bisa dijenguk oleh keluarga akibat pandemi Covid-19.

Disebut door to door atau dari pintu ke pintu, karena para petugas mendatangi langsung rumah-rumah keluarga dari warga binaan. Berbekal peralatan seperti laptop, atau telepon pintar, petugas menyambungkan koneksi panggilan jarak jauh dengan rumah tahanan, sehingga antara warga binaan dengan keluarga yang berada di rumah bisa saling tatap muka  meski hanya di depan layar.

Layanan ini untuk sementara hanya diperuntukkan bagi keluarga warga binaan yang dianggap kurang mampu atau tidak memiliki gawai pendukung.

Layanan Vicado inipun disambut gembira oleh keluarga warga binaan, yang sudah lama tidak melihat kondisi keluarganya di rumah tahanan.

Layanan Vicado dijadikan solusi untuk mencegah penyebaran Covid-19 di dalam rumah tahanan, dan warga binaan masih bisa bertemu dengan keluarganya meski hanya di depan layar laptop atau pun telepon pintar. Sebelum menggunakan layanan Vicado, warga binaan didampingi oleh petugas dengan menerapkan protokol kesehatan.

#RumahTahananKelasIIBWonosobo #VideoCall #PandemiCovid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.