Kompas TV nasional berita kompas tv

Harga Tes Swab Corona Rp 900.000, Warga: Masih Mahal

Kompas.tv - 4 Oktober 2020, 18:03 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Rp 900.000, itulah harga tertinggi yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan untuk tes usap atau tes swab corona. Penetapan ini melalui tiga kali pembahasan antara Kemenkes dan BPKP.

Berdasarkan survei harga tes usap atau tes swab dan analisis harga di sejumlah daerah di Indonesia, komponen biaya yang dihitung meliputi komponen jasa dokter dan tenaga kesehatan, komponen bahan habis pakai seperti APD dan alat tes, serta yang terakhir komponen biaya administrasi.

Penetapan harga tes usap ini berlaku untuk seluruh rumah sakit di Indonesia.

Meski demikian, harga Rp 900.000 dinilai terbilang mahal bagi sebagian warga, terutama untuk kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Harga tes usap atau tes swab yang ditetapkan Kemenkes dianggap belum terjangkau, berangkat dari fakta bahwa tidak semua mampu merogoh kocek.

Penurunan harga tes usap sejatinya bisa memudahkan warga untuk mengecek kesehatan di tengah pandemi agar penyebaran virus corona bisa diatasi.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x