Kompas TV internasional kompas dunia

UEA dan Israel Kerja Sama di Bidang Sinematografi, Pembuat Film Palestina dan Arab Menentang

Kompas.tv - 4 Oktober 2020, 14:52 WIB
uea-dan-israel-kerja-sama-di-bidang-sinematografi-pembuat-film-palestina-dan-arab-menentang
Seorang pria mengibarkan bendera Palestina. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Haryo Jati

RAMALLAH, KOMPAS.TV - Lebih dari 70 orang pembuat film profesional Palestina dan negara Arab lainnya menentang kerja sama Uni Emirat Arab (UEA) dengan Israel di bidang sinematografi.

Mereka pun membuat petisi sebagai tanda protes atas kerja sama itu dan meminta dunia film Arab mendukung solidaritasnya.

Komisi film Abud Dhabi UEA (ADFC), Perkumpulan Dana Film Israel (IFF) dan Sekolah Film dan Televisi Sam Spiegel Yerusalam (JSFS) mengumumkan mereka akan berkolaborasi, pekan lalu.

Baca Juga: Doakan Donald Trump Sembuh dari Covid-19, Pendukungnya Malah Tak Pedulikan Protokol Kesehatan

Kerja sama itu termasuk dalam pertukaran Pendidikan, proyek TV dan film yang dilakukan Bersama serta festival film regional.

Para pembuat film asal Arab mengungkapkan keterkejutannya, bahwa ADFC mau bekerja sama dengan badan film Israel.

Pasalnya, Palestina saat ini masih berada dalam pendudukan negara Zionis tersebut.

Baca Juga: Sudan Akui Perlu Israel, Tapi Tetap Beri Dukungan untuk Palestina

“Lebih dari tujuh dekade, Palestina hidup di bawah okupasi militer dan kenyataannya, kolonialisme semakin buruk tahun demi tahun,” bunyi surat dari para pembuat film Palestina dikutip dari Wafa.

“Kami pembuat film Palestina merasa dihalangi dan terpengaruh oleh kolonialisme dan pendudukan militer ini. Produksi kami bergantung pada pendanaan dan dukungan luar negeri yang memungkinkan untuk mengekspresikan dan menulis cerita dari berbagai kehidupan dan aspirasi,” katanya

“Kami mampu mengatasi hambatan yang disebabkan kolonialisme ini, untuk menghadirkan karya sinematik yang berharga dan menjadi perintis,” lanjut surat itu.

Baca Juga: Trump: Saya Akan Kembali Menyelesaikan Kampanye

Mereka pun berharap para pekerja dan pembuat film di dunia Arab mau memberikan dukungannya kepada mereka.

“Kami masih menjadi bagian dari sinema Arab, yang merupakan referensi utama. Kami selalu berusaha mengembangkannya dan ambisi kami telah mengkristal kea rah kemitraan dan produksi, Bersama dengan rekan kerja kami sebagai cara terbaik untuk memajukan sinema Arab,” tambahnya.

Kerja sama UEA dan Israel dalam bidang sinematorgrafi diyakini sebagai dampak dari normalisasi hubungan dari kedua negara.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x