Kompas TV regional berita daerah

Modal Kreatif, Busy Book Dari Limbah Kain Ini Hasilkan Jutaan Rupiah

Kompas.tv - 3 Oktober 2020, 18:37 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Kediri, KompasTV Jawa Timur - Di era modern seperti ini banyak sekali anak kecil kini gemar atau bahkan kecanduan bermain gawai. Hal itu lah yang dirasakan Fanistika Lailatul, seorang ibu rumah tangga di kecamatan Banyakan kabupaten Kediri.

Berawal dari seringnya sang anak bermain gawai, perempuan 28 tahun tersebut kemudian mencoba berinovasi membuat mainan bagi sang buah hati. Awalnya, Lailatul hanya memanfaatkan sejumlah kain sisa.  

Berbekal pengetahuan dari media sosial, Fanistika Lailatul kemudian mulai merancang busy book atau buku yang berisi berbagai gambar menarik untuk anak. Dengan konsep sederhana, ia mulai menggunting dan menempel kain sisa yang dimilikinya menjadi lembaran buku.

" Ide awalnya sendiri saya terinspirasi dari anak saya, saya berfikir karena anak saya sudah mulai besar jadi bagaimana caranya saya membuat mainan yang sifatnya edukatif dan bermanfaat serta bisa mengalihkan perhatiannya dari gadget ke sesuatu yang bisa menyibukkan dirinya...jadi akhirnya saya bikin yang namanya Busy Book ini..." kata Fanistika Lailatul yang sangat sayang dan perhatian terhadap tumbuh kembang anaknya.

Tidak disangka, dari busy book yang dibuat itu banyak temannya yang suka dan akhirnya ikut memesan. Bahkan kini setelah 1 tahun berjalan,  ia mampu mendapatkan penghasilan jutaan rupiah setiap bulannya, dari kerajinan buku bermain anak tersebut.

Sementara itu, untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, kini ibu 1 anak tersebut juga membeli kain baru untuk sebagai bahan utama. Satu buah busy book dijual dengan harga mulai dari 50 ribu hingga 200 ribu rupiah, tergantung banyaknya lembaran kain dan kerumitan konsep.

Berkat busy book tersebut, kini putra Fanistika Lailatul  tidak lagi gemar bermain gawai. Yang tidak kalah penting, kini perempuan 28 tahun tersebut bisa menikmati penghasilan tambahan dari kerajinan buku mainan anak, hasil produksinya.

 

#Kediri #Jatim #Kreatif #Busy #Book #Limbah #Kain #Recycle #Reuse

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x