Kompas TV nasional peristiwa

Menkes Terawan Minta Media Jangan Buat Gaduh

Kompas.tv - 3 Oktober 2020, 16:00 WIB
menkes-terawan-minta-media-jangan-buat-gaduh
Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto saat diwawancarai wartawan di DPR RI (Sumber: Kompas.com/Achmad Nasrudin Yahya)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto meminta kepada media agar tidak membuat gaduh di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Sebaliknya, kata dia, agar media memainkan peran pentingnya untuk membantu pemerintah menangani wabah Covid-19.

"Bukan malah memperkeruh dan membuat gaduh," kata Terawan melalui keterangan pers yang dirilis Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada Sabtu (3/10/2020).

Baca Juga: Sindiran Bintang Emon Soal Kursi Kosong Menkes Terawan di Acara Najwa Shihab: Siapa Tau Lagi Kerja

Terawan menjelaskan, salah satu keberhasilan pemerintah di negara lain dalam menekan laju pandemi Covid-19 karena dipengaruhi oleh peran jurnalistik.

Media di negara-negara lain, kata dia, selalu memberitakan informasi positif mengenai perkembangan kasus Covid-19.

"Pers punya peran yang signifikan dalam rangka menghambat laju Corona, tentu dengan memberitakan kabar yang benar tentang Pandemi," kata Terawan.

Baca Juga: Dianggap Sarkas soal Wawancara Bangku Kosong Menkes Terawan, Najwa Shihab Buka Suara

"Contoh Keberhasilan beberapa negara di luar seperti Singapura dan negara lain berkat pers yang membela negaranya lewat pemberitaan yang benar."

Terawan menambahkan pers adalah pahlawan. Sebab melayani masyarakat melalui pemberitaan yang baik dan benar di tengah pandemi Covid-19.

"Media adalah pahlawan bangsa seperti di masa pandemi ini, di saat bangsa membutuhkan pikiran dan tenaga mereka untuk mengatasi penyebaran Covid-19," tutur Terawan.

Baca Juga: Menkes Terawan: Vaksin Covid-19 Diprioritaskan untuk Tenaga Medis dan Pekerja 18-59 Tahun

Demikian itu semua Terawan katakan saat menerima kunjungan PWI Pusat yang dipimpin Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari dan didampingi Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi.

Dalam pertemuan tersebut, Terawan juga mengatakan bakal hadir dalam diskusi Mappilu PWI yang akan dilaksanakan jelang Pilkada Serentak 9 Desember 2020.

Baca Juga: Tak Hadir Diundang Najwa Shihab, Menkes Terawan: Tunggu Tanggal Mainnya Ya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x