Kompas TV nasional hukum

Cai Changpan, Napi Kabur dari Lapas Tangerang Miliki Kemampuan Militer

Kompas.tv - 2 Oktober 2020, 22:49 WIB
cai-changpan-napi-kabur-dari-lapas-tangerang-miliki-kemampuan-militer
Tampak Depan Lapas Kelas 1A Tangerang Kota, Tempat Cai Changpan Kabur Melalui Gorong-Gorong (Sumber: Eka Marlupy, Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Cai Changpan, narapidana mati yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang ternyata memiliki kemampuan militer.

Kemampuan ini dimiliki Cai Changpan, karena pernah mendapatkan pelatihan militer dari China, negeri asalnya.

"Karena yang bersangkutan ini memang pernah mengikuti pendidikan kemiliteran di China sana," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat (2/10/2020), dikutip dari Kompas.com.

Dengan kemampuan militer yang dimilikinya itu, Cai Changpan alias Anthoni memahami bagaimana bertahan hidup atau survival. Apalagi diduga dia melarikan diri ke hutan Tenjo di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Meski begitu, aparat kepolisian dan petugas Lapas Kelas 1 Tangerang terus bergerak melakukan pencarian narapidana mati ini. Salah satunya melakukan penyusuran hutan Tenjo, lokasi yang diduga menjadi tempat pelarian sementara Cai Changpan.

Baca Juga: Napi WNA China Kabur, Polisi: 2 Petugas Lapas Akui Tertidur

Cai Changpan Kabur dengan Menggali Lubang

Cai Changpan kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang dengan cara menggali lubang di kamar selnya yang terhubung ke bagian luar Lapas.

Aksi melarikan diri ini bukan pertama kali dilakukan Cai Changpan. Sebelumnya dia pernah kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Mabes Polri, Cawang, Jakarta Selatan pada 24 Januari 2017.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x