Kompas TV regional berita daerah

Perjuangan Seorang Anak hadapi Anemia Akut

Kompas.tv - 2 Oktober 2020, 18:30 WIB

KENDAL, KOMPAS.TV - Ahmad Nur Hakimi pelajar 13 tahun asal Desa Kaliputih Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal kini hanya bisa terbaring lemas di tempat tidur rumahnya. Pelajar kelas 7 MTs ini sejak 6 bulan terakhir harus keluar masuk rumah sakit setelah didiagnosa menderita anemia akut.

 

Akibatnya, orang tuanya sementara waktu harus menghentikan semua aktivitas sang anak baik pembelajaran, mengaji, hingga bermain selama menjalani perawatan. Ahmad pun tercatat sudah beberapa kali keluar masuk IGD rumah sakit karena terbaring lemas disertai panas tinggi hingga keluar darah dalam hidungnya saat melawan penyakitnya.

 

Menurut orang tua Ahmad, Mukhlasin, semua yang dialami anaknya pada awalnya tidak diketahui oleh dirinya. Saat usia 6 tahun, tiba-tiba banyak dilapori para tetangganya yang melihat wajah Ahmad sering pucat. Karena keterbatasan pengalaman dan kondisi rumah yang jauh dari rumah sakit,  anaknya justru dibawa ke dukun Desa untuk berobat namun tidak ada hasilnya.

 

Hingga memasuki usia ke-12 tahun, kondisi anaknya mulai menurun drastis. Kondisi Ahmad mulai memburuk saat di sekolah dengan gejala panas tinggi, wajah pucat membiru, tubuh lemas, disertai keluar darah pada hidungnya.

 

Kini, Ahmad diharuskan transfusi darah minimal sekali dalam sebulan. Setiap hari ia juga wajib mengkonsumsi tablet penambah darah agar kondisi tubuhnya tetap terjaga. Kondisi ekonomi keluarganya yang terbatas setelah sang ayah tak bekerja menjadi Kendala bagi keluarga untuk kelanjutan pengobatan sang buah hati.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.