Kompas TV regional berita daerah

Pemerintah Pasang Alat Deteksi Dini Bencana Tsunami di Laut Selatan Jawa Timur

Kompas.tv - 1 Oktober 2020, 20:26 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SUMENEP, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyiapkan early warning sistem di lokasi rawan bencana tsunami. Gubernur juga akan mengundang pakar dari LIPI, ITB dan ITS  untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi tsunami di selatan Pulau Jawa.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa usai menyalurkan bantuan di Pendopo Kraton, Kabupaten Sumenep Jawa Timur pada Selasa (29/09).

Baca Juga: Gubernur Jatim dan 8 Bupati Rapat Bahas Mitigasi Ancaman Tsunami

Pernyataan tersebut disampaikan menyusul adanya hasil penelitian pakar dari ITB yang menyebut ada potensi tsunami setinggi 20 meter di sisi selatan Pulau Jawa.

“Early warning system atau EWS dipasang di sejumlah titik yang beresiko terjadi tsunami, tujuannya untuk mendeteksi sejak dini potensi tsunami di Jawa Timur” Jelas Khofifah.

Baca Juga: Papan Peringatan Tsunami dan Jalur Evakuasi Terpasang di Pesisir

Pemasangan EWS adalah tindak lanjut dari pertemuan Gubernur dengan Kepala BMKG pusat. Namun Gubernur tidak merinci lokasi mana saja yang akan dipasang EWS.

Pemerintah juga sudah menyiapkan desa tangguh, dimana warganya dilatih melakukan mitigasi hingga evakuasi secara mandiri.


#GubernurJatim #AlatDeteksiDini #MitigasiAncamanTsunami



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.