Kompas TV regional berita daerah

Gubernur Jatim dan 8 Bupati Rapat Bahas Mitigasi Ancaman Tsunami

Kompas.tv - 1 Oktober 2020, 20:17 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pelaksana tugas bupati Jember Jawa Timur, Abdul Muqit Arief mengikuti rapat kesiapsiagaan bencana alam dengan Gubernur Jawa Timur pada Selasa (29/09). Rapat tersebut membahas kesiapan pemerintah dalam menghadapi ancaman bencana tsunami di pesisir selatan Pulau Jawa.

Plt. Bupati Jember, Abdul Muqit Arief mengatakan rapat tersebut digelar secara daring dan diikuti oleh 8 kepala daerah, yang berada di kawasan rawan bencana tsunami, yakni Kabupaten Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan Pacitan.

Baca Juga: Papan Peringatan Tsunami dan Jalur Evakuasi Terpasang di Pesisir

Plt. Bupati Jember, Muqit Arief mengikuti rapat tersebut dari aula Bupati Pemkab Jember. Rapat ini membahas soal adanya ancaman gempa megathrust, yang mengakibatkan patahan lempeng bumi sehingga air laut naik hingga 20 meter.

Baca Juga: Mengenal Skema 20-20-20 untuk Mitigasi Tsunami Selatan Pulau Jawa, BMKG: Masih Relevan

Salah satu langkah menghadapi bencana tersebut adalah dengan membangun masyarakat tangguh bencana. Masyarakat diberikan pemahaman dan pengetahuan tentang kebencanaan, sehingga dapat melakukan mitigasi hingga evakuasi mandiri dan pada akhirnya dapat menghindari jatuhnya korban.

 

#GubernurJatim #PltBupatiJember #MitigasiAncamanTsunami



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.