Kompas TV nasional politik

DPP PAN Yakin Cuma Sedikit Kader yang Pindah ke Partai Ummat

Kompas.tv - 1 Oktober 2020, 19:03 WIB
dpp-pan-yakin-cuma-sedikit-kader-yang-pindah-ke-partai-ummat
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/5/2019). (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – DPP Partai Amanat Nasional (PAN) yakin tidak banyak kader yang pindah ke Partai Ummat bentukan Amien Rais.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga menilai kader PAN yang pindah ke Partai Ummat hanya sebagian kecil.

Iya yakin tidak akan ada “bedol desa” yang dilakukan kader PAN yang ingin pindah ke Partai Ummat. Keyakinan itu didasarkan pada tingkat kesulitan kontestasi politik di Indonesia.

Baca Juga: Amien Rais Akan Umumkan Partai Baru, Namanya Bukan PAN Reformasi

"Apalagi hingga saat ini tidak ada satupun anggota legislatif, di DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota maupun kader di lembaga eksekutif yang menyatakan keluar dari PAN dan bergabung di Partai Ummat," ujarnya, Kamis (1/10/2020). Dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut, Viva menyambut baik lahirnya Partai Ummat. Kelahiran partai tersebut juga sebagai tanda resmi keluarnya Amien Rais dari keluarga besar PAN.

"Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN," ujar Viva.

Mantan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengumumkan partai baru bernama Partai Ummat melalui kanal YouTube Amien Rais Official.

Baca Juga: Mumtaz Rais Bakal Berenang PIK-Labuan Bajo, Jika ...

Dalam deklarasi Partai Ummat bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak banga lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

Amien mengatakan, Partai Ummat akan bekerja dan berjuang berdasarkan Pancasila, UUD 1945, dan aturan demokrasi.

"Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan semua aturan demokrasi universal," ujar Amien.

Sebelumnya Amien pernah menyatakan partai yang akan dibuatnya memiliki azas rahmatan lil alamin atau rahmat untuk semua alam.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo: Kalau KAMI Jadi Partai Politik, Saya Keluar

Semboyan dan azas itu, menurut Amien, akan membimbing aksi, kiprah, aktivitas, gerakan dan pengorbanan ia dan sahabat-sahabatnya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.