Kompas TV klik360 cerita indonesia

Mahfud MD: Otsus Papua Tetap Berlaku, yang Diperpanjang Dananya

Kamis, 1 Oktober 2020 | 16:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan bahwa status otonomi khusus (otsus) bagi Papua tetap berlaku.

Mahfud menyatakan banyak yang salah kaprah dengan persoalan Otomomi Khusus (Otsus) Papua. Menurutnya, status Otsus Papua akan tetap berlaku dan tidak perlu diperpanjang. Hanya saja, perpanjangan berlaku untuk dana Otsus itu sendiri.

"Saya tegaskan, tidak ada perpanjangan Otsus Papua karena keberlakuan Otsus itu tidak perlu diperpanjang. Tidak ada perpendekan atau perpanjangan. Otsus itu ada di Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua dan itu berlaku terus, tidak harus diperpanjang," ucapnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (1/10/2020).

Mahfud menyebutkan saat ini pemerintah tengah membahas terkait perpanjangan dana Otsus tersebut. Menurutnya, bukan perpanjangan Otsus seperti yang santer beredar di kalangan masyarakat Papua.

"Ada kesalahan narasi di tengah-tengah masyarakat tentang Otsus Papua. Di Papua berkembang, di sebagian masyarakat untuk menolak perpanjangan Otsus. Nah yang sekarang kita olah adalah perpanjangan dana Otsus, bukan perpanjangan Otsusnya," tuturnya.

Baca Juga: Puji Silvany Pasaribu, Mahfud MD: Benar Vanuatu Mengada-ada, Mereka Bukan Orang Papua

Penulis : Laura Elvina


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:54
AMERIKA SERIKAT MINTA TIONGKOK HENTIKAN TEKANAN MILITER, DIPLOMATIK, DAN EKONOMINYA TERHADAP TAIWAN   MENDIKBUD MINTA PEMDA SETEMPAT BERI SANKSI PIHAK YANG TERLIBAT KASUS SISWI NON-MUSLIM WAJIB BERJILBAB   KEMENDIKBUD SESALKAN TINDAKAN SEORANG SISWI NON-MUSLIM YANG DIMINTA MENGENAKAN JILBAB DI SMKN 2 PADANG   BPBD SEBUT ENAM KECAMATAN TERENDAM BANJIR SEUSAI HUJAN MENGGUYUR KOTA BEKASI SEJAK MINGGU PAGI   BPBD DKI: PINTU AIR PASAR IKAN, JAKARTA UTARA, BERSTATUS SIAGA 2   KEMENTERIAN PUPR: JARINGAN PIPA PENGELOLAAN AIR LIMBAH BERTUJUAN CEGAH AIR LIMBAH MENCEMARI DANAU TOBA   KEMENTERIAN PUPR BANGUN JARINGAN PIPA PENGELOLAAN AIR LIMBAH DI DESTINASI WISATA SUPERPRIORITAS DANAU TOBA   BANYAK TENAGA KESEHATAN POSITIF COVID-19, SATGAS MINTA WARGA BLITAR PATUH PROTOKOL KESEHATAN   BUPATI PANGANDARAN JEJE WIRADINATA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 TANPA GEJALA PADA MINGGU SIANG   WAKIL WALI KOTA TANGSEL: SELAMA PPKM, TINGKAT KEPATUHAN WARGA TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 BARU 79 PERSEN    BENNY MAMOTO SEBUT ISTILAH PAM SWAKARSA PADA DASARNYA MEMILIKI MAKNA SEBUAH KEINGINAN DAN IDE DARI MASYARAKAT   KETUA HARIAN KOMPOLNAS BENNY MAMOTO: PENGAKTIFAN KEMBALI PAM SWAKARSA SUDAH SESUAI UNDANG-UNDANG   HARI INI, ENAM JENAZAH KORBAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TIBA DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK, KALIMANTAN BARAT    BAKAMLA RI PERIKSA DUA KAPAL IRAN DAN PANAMA, TRANSFER BBM ILEGAL DI PERAIRAN PONTIANAK, KALIMANTAN BARAT