Kompas TV klik360 cerita indonesia

Tegas! Mahfud MD Sebut Papua Bagian dari NKRI Sudah Final, Tidak Ada Negosiasi

Kamis, 1 Oktober 2020 | 16:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menegaskan pemerintah tak akan membuka ruang negosiasi untuk masyarakat Papua yang meminta memisahkan diri atau merdeka dari Indonesia.

Menurut Mahfud, ada pihak-pihak tertentu dari luar negeri ataupun dalam negeri yang memprovokasi Papua untuk memisahkan diri dari Indonesia. Meski begitu, menurut Mahfud pemerintah tak akan pernah melepaskan Papua.

"Bagi pemerintah Indonesia kebersatuan Papua, baik Provinsi Papua maupun Papua Barat dengan NKRI sudah final," kata Mahfud dalam keterangan persnya.

"Tidak ada jalan lagi bagi masyarakat Papua meminta kemerdekaan, tidak ada negosiasi apapun untuk kemerdekaan, untuk memisahkan diri."

Terlebih, kata Mahfud, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah melakukan referendum di Papua pada 1963 dan sudah disahkan oleh PBB.

Ia mengatakan tidak ada penolakan dari PBB ketika itu dan hasil referendum tersebut juga dinyatakan sah.

"Sejak saat itu tidak ada jalan lagi bagi Papua, bagi orang-orang tertentu di Papua untuk meminta kemerdekaan," kata Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud menuturkan, perkembangan situasi di Papua dalam seminggu terakhir memang sempat mencekam karena Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Menurut Mahfud, menjelang hari peringatan pergerakan kemerdekaan Papua yang jatuh pada 1 Desember memang cenderung selalu muncul insiden kekerasan yang dilakukan oleh KKB.

Baca Juga: Mahfud MD Bantah Tudingan Pemerintah Pusat Keruk Kekayaan di Papua

Penulis : Laura Elvina


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:19
AMERIKA SERIKAT MINTA TIONGKOK HENTIKAN TEKANAN MILITER, DIPLOMATIK, DAN EKONOMINYA TERHADAP TAIWAN   MENDIKBUD MINTA PEMDA SETEMPAT BERI SANKSI PIHAK YANG TERLIBAT KASUS SISWI NON-MUSLIM WAJIB BERJILBAB   KEMENDIKBUD SESALKAN TINDAKAN SEORANG SISWI NON-MUSLIM YANG DIMINTA MENGENAKAN JILBAB DI SMKN 2 PADANG   BPBD SEBUT ENAM KECAMATAN TERENDAM BANJIR SEUSAI HUJAN MENGGUYUR KOTA BEKASI SEJAK MINGGU PAGI   BPBD DKI: PINTU AIR PASAR IKAN, JAKARTA UTARA, BERSTATUS SIAGA 2   KEMENTERIAN PUPR: JARINGAN PIPA PENGELOLAAN AIR LIMBAH BERTUJUAN CEGAH AIR LIMBAH MENCEMARI DANAU TOBA   KEMENTERIAN PUPR BANGUN JARINGAN PIPA PENGELOLAAN AIR LIMBAH DI DESTINASI WISATA SUPERPRIORITAS DANAU TOBA   BANYAK TENAGA KESEHATAN POSITIF COVID-19, SATGAS MINTA WARGA BLITAR PATUH PROTOKOL KESEHATAN   BUPATI PANGANDARAN JEJE WIRADINATA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 TANPA GEJALA PADA MINGGU SIANG   WAKIL WALI KOTA TANGSEL: SELAMA PPKM, TINGKAT KEPATUHAN WARGA TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 BARU 79 PERSEN    BENNY MAMOTO SEBUT ISTILAH PAM SWAKARSA PADA DASARNYA MEMILIKI MAKNA SEBUAH KEINGINAN DAN IDE DARI MASYARAKAT   KETUA HARIAN KOMPOLNAS BENNY MAMOTO: PENGAKTIFAN KEMBALI PAM SWAKARSA SUDAH SESUAI UNDANG-UNDANG   HARI INI, ENAM JENAZAH KORBAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TIBA DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK, KALIMANTAN BARAT    BAKAMLA RI PERIKSA DUA KAPAL IRAN DAN PANAMA, TRANSFER BBM ILEGAL DI PERAIRAN PONTIANAK, KALIMANTAN BARAT