Kompas TV regional berita daerah

Yon C Pelopor Gelar Kesiapan Pengamanan Pilkada

Kompas.tv - 1 Oktober 2020, 16:26 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

BONE, KOMPAS.TV - Menjelang perhelatan akbar pesta demokrasi 2020 yang akan digelar pada bulan desember tahun ini  membuat semua elemen terkait terus mempermantap persiapan mulai dari personel  logistik hingga sistem pengamanan guna mewujudkan pilkada yang aman serta kondusif .

Untuk mengecek kesiapan personel yang akan melaksanakan pengamanan pildaka  maupun logistik yang akan digunakan dalam tugas . Batalyon c pelopor menggelar apel kesiapasiagaan tim gabungan melaksanakan pengecekan personel maupun perlengkapannya baik perlengkapan pribadi maupun satuan .

Personel batalyon c pelopor juga melaksanakan latihan untuk membekali personel dalam pelaksanaan tugas pengamanan.

Selain meningkatkan kemampuan penanggulangan huru hara ( phh)  dan pengamanan terhadap pejabat dan tokoh negara ( pam vvip) .  Batalyon c pelopor juga menggelar latihan peningkatan kemampuan  tp-tkp  bom atau tindakan pertama tempat kejadian perkara bom .

Hal ini dinilai dapat meminimalisir dinamika kejahatan  yang terus mengalami perubahan tiap waktunya.

Danyon c pelopor juga menjelasakan jika latihan yang dilakukan  oleh personel berbentuk simulasi yang menggambarkan situasi pada medan tugas sebenarnya .

“ untuk batalyon pelopor dalam penanganan ancaman barang yang diduga bom tugasnya hanya sebatas tptkp bom saja, dan penanganan selanjutnya oleh personel detasemen gegana sat brimob polda sulsel,” jelas kompol nur ichsan, danyon c pelopor sat brimob polda sulsel.

Hal ini dilakukan karena saat ini dinamika kejahatan terus mengalami perubahan tiap waktunya.

"tentunya kita tidak mau kecolongan dengan kejadian-kejadian yang dapat menggangu kondusifitas kamtibmas dan lancarnya proses pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung. Jadi sambil menunggu pergeseran pasukan ke kewilayahan, kami akan terus mengintensifkan latihan yang akan mendukung pelaksanaan tugas pengamanan pilkada nantinya. Selain itu kami juga memberdayakan semua perlengkapan dan peralatan yang kami miliki agar personel dapat lebih menguasai dalam penggunaannya," tambah ichsan

Danyon c pelopor juga menjelasakan jika latihan yang dilakukan oleh personel berbentuk simulasi yang menggambarkan situasi pada medan tugas sebenarnya.

"saya juga telah menginstruksikan kepada tim lat ( pelatih) agar merancang latihan yang sesuai dengan kejadian-kejadian dalam keadaan sebenarnya, sehingga personel dapat mengetahui langkah-langkah yang akan diambil dan mengurangi resiko salah prosedur pengamanan," lanjut danyon yang beken dengan istilah tindizzz nya ini.

Sementara itu di tempat terpisah, komandan satuan (dansat) brimob polda sulsel kombes pol. Muhammad anis, p.s.,s.i.k., m.si. Mengatakan berdasarkan perintah dari dankor brimob polri, menjelang pilkada serentak 2020 ini seluruh jajaran satbrimob diperintahkan untuk rutin dan berkesinambungan dalam mengelar latihan sesuai dengan kerawanan pada wilayah masing-masing. Hal ini demi mewujudkan pilkada yang sejuk dan berjalan dengan demokratis.

“ demi lancar dan suksesnya pilkada serentak tahun 2020 ini, para danyon persiapkan personelnya dengan latihan sebagamana perkiraan ancaman yang akan dihadapi dalam pengamanan  pilkada,” kunci anis



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.