Kompas TV regional berita daerah

Yon C Pelopor Gelar Kesiapan Pengamanan Pilkada

Kamis, 1 Oktober 2020 | 16:26 WIB

BONE, KOMPAS.TV - Menjelang perhelatan akbar pesta demokrasi 2020 yang akan digelar pada bulan desember tahun ini  membuat semua elemen terkait terus mempermantap persiapan mulai dari personel  logistik hingga sistem pengamanan guna mewujudkan pilkada yang aman serta kondusif .

Untuk mengecek kesiapan personel yang akan melaksanakan pengamanan pildaka  maupun logistik yang akan digunakan dalam tugas . Batalyon c pelopor menggelar apel kesiapasiagaan tim gabungan melaksanakan pengecekan personel maupun perlengkapannya baik perlengkapan pribadi maupun satuan .

Personel batalyon c pelopor juga melaksanakan latihan untuk membekali personel dalam pelaksanaan tugas pengamanan.

Selain meningkatkan kemampuan penanggulangan huru hara ( phh)  dan pengamanan terhadap pejabat dan tokoh negara ( pam vvip) .  Batalyon c pelopor juga menggelar latihan peningkatan kemampuan  tp-tkp  bom atau tindakan pertama tempat kejadian perkara bom .

Hal ini dinilai dapat meminimalisir dinamika kejahatan  yang terus mengalami perubahan tiap waktunya.

Danyon c pelopor juga menjelasakan jika latihan yang dilakukan  oleh personel berbentuk simulasi yang menggambarkan situasi pada medan tugas sebenarnya .

“ untuk batalyon pelopor dalam penanganan ancaman barang yang diduga bom tugasnya hanya sebatas tptkp bom saja, dan penanganan selanjutnya oleh personel detasemen gegana sat brimob polda sulsel,” jelas kompol nur ichsan, danyon c pelopor sat brimob polda sulsel.

Hal ini dilakukan karena saat ini dinamika kejahatan terus mengalami perubahan tiap waktunya.

"tentunya kita tidak mau kecolongan dengan kejadian-kejadian yang dapat menggangu kondusifitas kamtibmas dan lancarnya proses pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung. Jadi sambil menunggu pergeseran pasukan ke kewilayahan, kami akan terus mengintensifkan latihan yang akan mendukung pelaksanaan tugas pengamanan pilkada nantinya. Selain itu kami juga memberdayakan semua perlengkapan dan peralatan yang kami miliki agar personel dapat lebih menguasai dalam penggunaannya," tambah ichsan

Danyon c pelopor juga menjelasakan jika latihan yang dilakukan oleh personel berbentuk simulasi yang menggambarkan situasi pada medan tugas sebenarnya.

"saya juga telah menginstruksikan kepada tim lat ( pelatih) agar merancang latihan yang sesuai dengan kejadian-kejadian dalam keadaan sebenarnya, sehingga personel dapat mengetahui langkah-langkah yang akan diambil dan mengurangi resiko salah prosedur pengamanan," lanjut danyon yang beken dengan istilah tindizzz nya ini.

Sementara itu di tempat terpisah, komandan satuan (dansat) brimob polda sulsel kombes pol. Muhammad anis, p.s.,s.i.k., m.si. Mengatakan berdasarkan perintah dari dankor brimob polri, menjelang pilkada serentak 2020 ini seluruh jajaran satbrimob diperintahkan untuk rutin dan berkesinambungan dalam mengelar latihan sesuai dengan kerawanan pada wilayah masing-masing. Hal ini demi mewujudkan pilkada yang sejuk dan berjalan dengan demokratis.

“ demi lancar dan suksesnya pilkada serentak tahun 2020 ini, para danyon persiapkan personelnya dengan latihan sebagamana perkiraan ancaman yang akan dihadapi dalam pengamanan  pilkada,” kunci anis

Editor : KompasTV Makassar



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:36
WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 1.689 ORANG: 1.220 SEMBUH, 153 MENINGGAL DUNIA, 316 DALAM PERAWATAN   MENLU RETNO MARSUDI TEKANKAN POLITIK LUAR NEGERI BEBAS AKTIF DI DEPAN MENLU AS MIKE POMPEO   BAKAMLA TANGKAP 2 KAPAL IKAN VIETNAM DI LAUT NATUNA   KUOTA WISATAWAN GUNUNG BROMO, JAWA TIMUR, PENUH HINGGA AKHIR OKTOBER 2020   JALUR PENDAKIAN GUNUNG SUMBING VIA BUTUH KALIANGKRIK, MAGELANG, TETAP BUKA PADA LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020   BNPB SEBUT PENGUNGSI AKIBAT BANJIR DI CILACAP, JATENG, BERTAMBAH MENJADI 613 JIWA   BPBD CIANJUR, JABAR, INGATKAN PENGGUNA JALAN DI SEPANJANG JALUR PUNCAK SOAL POTENSI POHON TUMBANG SERTA LONGSOR   TERHITUNG 26-29 OKTOBER 2020, 168.653 KENDARAAN LINTASI TOL CIKOPO-PALIMANAN (CIPALI)   TAK BERMASKER, PULUHAN WISATAWAN DI PUNCAK CIANJUR TERKENA OPERASI YUSTISI   PEMPROV JABAR SIAPKAN 54 TITIK PEMERIKSAAN TES CEPAT KORONA BAGI WISATAWAN SECARA ACAK GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   PEMPROV JAWA BARAT SIAPKAN 26.700 TES CEPAT KORONA BAGI WISATAWAN YANG BERWISATA DI JABAR DALAM PEKAN INI   PREDIKSI PUNCAK ARUS BALIK PADA 1 NOVEMBER 2020, MENHUB MINTA PEMUDIK PULANG LEBIH AWAL   BKN SEBUT PESERTA CPNS 2019 YANG DINYATAKAN TIDAK LULUS DAPAT AJUKAN SANGGAHAN KE PORTAL SSCN   TERSANGKA PENYUAP MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI, HIENDRA SOENJOTO, DITAHAN KPK SELAMA 20 HARI KE DEPAN