Kompas TV klik360 cerita indonesia

Vanuatu Tuding Serangan Komentar Netizen RI di Sosial Media Sudah Terkordinasi

Kamis, 1 Oktober 2020 | 14:25 WIB

AUSTRALIA, KOMPAS.TV - Pihak berwenang Vanuatu memberikan tanggapan atas komentar bernada rasis dalam bahasa Indonesia di media sosial yang mempromosikan pariwisata negaranya.

Vanuatu Tourism Office mengatakan pihaknya yakin telah menjadi target "perilaku tidak otentik yang terkoordinasi" di sejumlah akun media sosial mereka, seperti Facebook dan Instagram.

Kepada program ABC Radio Pacific Beat, Nick Howlett, manajer komunikasi Vanuatu Tourism Office mengatakan pihaknya tidak terkejut dengan ratusan komentar yang mereka terima.

Nick menjelaskan meskipun tidak sering terjadi, tapi komentar-komentar serupa pernah mereka lihat sebelumnya setiap kali pemimpin atau politisi Vanuatu mengangkat masalah Papua.

"Beberapa di antaranya terlihat sebagai perilaku tidak autentik yang terkoordinasi, karena tidak terlihat asli … dan tidak merefleksikan tindakan yang biasanya terjadi," ujar Nick kepada radio ABC.

Usai perwakilan RI Silvany Austin Pasaribu menjawab keras tuduhan PM Vanuatu Bob Loughman, soal isu Papua di PBB, ratusan komentar yang bernada rasis dengan Bahasa Indonesia memborbardir akun sosial media pariwisata Vanuatu.

Pihak Vanuatu menduga, jika banyak akun yang memberikan komentar sebagai akun yang baru dibuat atau akun bot, karena mereka belum mengunggah foto di profil mereka atau bahkan tak memiliki 'follower' sama sekali.

Penulis : Laura Elvina


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:06
DUA PRAJURIT TNI GUGUR USAI KONTAK SENJATA DENGAN KKB PAPUA YANG TERJADI DI KABUPATEN INTAN JAYA PADA 22 JANUARI 2021   POLRI IMBAU MASYARAKAT HATI-HATI SOAL PENIPUAN BERKEDOK INVESTASI   DITLANTAS POLDA METRO JAYA AKAN KOORDINASI DENGAN TRANSJAKARTA DAN JASA MARGA DALAM PEMASANGAN KAMERA ETLE   DITLANTAS POLDA METRO JAYA AKAN AJUKAN PENAMBAHAN 50 KAMERA ETLE DI SEJUMLAH TITIK DI JAKARTA KE PEMPROV DKI   BPPTKG MEMPREDIKSI ERUPSI GUNUNG MERAPI EFUSIF MAKSIMAL 5 KM   BPPTKG: TERJADI 282 KALI GUGURAN LAVA PIJAR DAN 19 KALI AWAN PANAS GUGURAN DI GUNUNG MERAPI DALAM SEPEKAN TERAKHIR   TIM SAR TELAH EVAKUASI 51 WARGA YANG TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR DI MANADO, SULAWESI UTARA   TIGA ORANG MENINGGAL DUNIA AKIBAT BANJIR DAN LONGSOR DI MANADO, SULAWESI UTARA, PADA 22 JANUARI 2021   SHANGHAI MEMBERLAKUKAN “LOCKDOWN” DI DUA RUMAH SAKIT SEUSAI MUNCUL KLASTER BARU COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 2.937: 2.075 SEMBUH, 171 MENINGGAL DUNIA, DAN 691 DALAM PERAWATAN   PEMPROV DIY TENGAH BERKOORDINASI MELAKUKAN "TRACING" KASUS POSITIF COVID-19 BUPATI SLEMAN SRI PURNOMO   SEBELUM POSITIF COVID-19, BUPATI SLEMAN SEMPAT BERTEMU MENTERI KP SAKTI WAHYU TRENGGONO & GUBERNUR DIY SRI SULTAN HB X   BUPATI SLEMAN SRI PURNOMO TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 BERDASARKAN HASIL TES USAP PADA 21 JANUARI 2021   KEMENKES: HINGGA SAAT INI SUDAH LEBIH DARI 132.000 TENAGA KESEHATAN YANG DISUNTIK VAKSIN COVID-19