Kompas TV regional update corona

Kabar Gembira! Ibu Muda dan Bayinya yang Baru Lahir Sembuh Dari Covid-19

Kompas.tv - 1 Oktober 2020, 06:48 WIB
kabar-gembira-ibu-muda-dan-bayinya-yang-baru-lahir-sembuh-dari-covid-19
Ilustrasi foto mikroskopik virus corona (Sumber: TRIBUNNEWS.COM)
Penulis : Tussie Ayu

KLATEN, KOMPAS.TV – Kabar gembira datang dari seorang ibu dan bayinya yang baru lahir asal Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Ibu dan anak ini dinyatakan sembuh dari Covid-19 pada Rabu (30/9/2020).

Keduanya masing-masing berinisial DTM (19) dan BYD (0), sembuh setelah menjalani isolasi selama 7 hari. Camat Trucuk, Bambang Haryoko mengatakan kabar baik ini diketahui pasca keduanya menjalani uji swab dan menunjukkan hasil negatif.

"Berdasarkan hasil swab terakhir, kedua pasien asal Kecamatan Trucuk sudah sembuh. Mereka merupakan seorang ibu dan bayinya yang baru beberapa minggu dilahirkan," kata Bambang seperti dilansir dari TribunSolo.com.

Baca Juga: Kabar Baik, Uji Klinis Vaksin Covid-19 ke Sukarelawan Tidak Ditemukan Efek Samping


Bambang mengungkapkan bagaimana ibu muda dan bayi mungilnya bisa terpapar corona. Mulanya ibu muda tersebut dinyatakan positif Covid-19 dari uji usap di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Uji itu dilakukan sebelum sang ibu muda menjalani operasi sesar, Kamis (10/9/2020). Kemudian setelah melahirkan dengan operasi sesar, sang ibu dan bayinya kembali menjalani uji usap.

"Hasil uji kedua pasien keluar dengan waktu yang berbeda, sang ibu dinyatakan positif lebih dahulu. Lalu hasil sang bayi muncul dan dinyatakan positif juga," ungkap Bambang.

Baca Juga: Setelah Kena Covid-19, Ini Dampak Virus Corona pada Tubuh


Setelah dinyatakan positif Covid-19, ibu muda itu langsung menjalani isolasi mandiri selama 7 hari terhitung sejak Selasa (22/9/2020) hingga Selasa (29/9/2020).

"Sebelumnya dilakukan isolasi terpisah antara bayi dan ibunya di rumah sakit. Namun tanggal 22 September 2020, mereka melakukan isolasi mandiri dalam satu ruangan," kata Bambang.

Bambang pun bersyukur kedua warganya itu kini sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.


"Kami selaku Tim Gugus Tugas bersyukur dengan penambahan kasus sembuh di wilayah Kecamatan Trucuk. Hal ini tak terlepas dari peran masyarakat Trucuk yang juga berpartisipasi dalam pencegahan persebaran Covid-19 di Kecamatan Trucuk," jawabnya.

Sementara itu, selain ibu dan bayinya yang dinyatakan sembuh, masih ada empat pasien sembuh dan seorang terkonfimasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten.

Empat pasien sembuh Covid-19 masing-masing berasal dari Kecamatan Klaten Utara, seorang laki-laki dengan inisial CM (23), lalu Kecamatan Karangnongko yaitu seorang perempuan berinisial S (50).

Lalu Kecamatan Delanggu yaitu seorang perempuan berinisial P (47) dan dari Kecamatan Ngawen, seorang perempuan juga berinisial S (57).

Selain itu, satu penambahan pasien positif Covid-19 berasal dari Kecamatan Tulung. Pasien positif Covid-19 asal Kecamatan Tulung merupakan seorang perempuan berinisial HA (28).

Saat ini pasien HA sedang menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis. Dengan penambahan 6 kasus kesembuhan baru, kini jumlah kasus sembuh di Klaten tembus 270.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x