Kompas TV nasional update corona

Satgas Covid-19: Jangan Berpikir Rajin Olahraga dan Berdiam Diri di Rumah Kebal Corona

Kompas.tv - 30 September 2020, 20:54 WIB
satgas-covid-19-jangan-berpikir-rajin-olahraga-dan-berdiam-diri-di-rumah-kebal-corona
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (Sumber: Screen Capture Sekretariat Presiden)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru Bicara Satuan Tugas ( Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan tak ada yang kebal dari virus corona atau Covid-19 meskipun seseorang berdiam diri di rumah.

Wiku mengatakan demikian menanggapi hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan sebanyak 17 persen masyarakat merasa tidak akan tertular Covid-19.

"Kita menyayangkan adanya persepsi masyarakat yang menyatakan kebal terhadap Covid-19," kata Wiku melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden yang dikutip dari Kompas.com pada Rabu (30/9/2020).

Baca Juga: Kasus Belum juga Turun, Pemprov Jakarta Tambah TPU untuk Jenazah Terinfeksi Corona

"Perlu kami tekankan sekali lagi, tidak ada orang yang kebal terhadap Covid-19 dan Covid-19 atau virus ini tidak mengenal tua atau muda, kaya atau miskin, siapa pun bisa tertular."

Wiku mengatakan, mereka yang rajin berolahraga dan kerap berdiam diri di rumah saja masih rawan tertular Covid-19.

Hal itu bisa terjadi bila ada anggota keluarganya yang tidak menjalani protokol kesehatan sepulang dari bekerja.

"Jangan sekali-sekali kita berpikir bahwa karena rajin olahraga atau berdiam diri di rumah kita bisa kebal, karena tertular itu bisa mudah terjadi dari siapa pun yang kita temui," kata dia.

Baca Juga: Update Corona 30 September: 287.008 Positif, 214.947 Sembuh, 10.740 Meninggal

Karena itu, ia mengingatkan kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan, terutama bagi yang harus bekerja di luar rumah.

Memurut Wiku, mereka yang bekerja di luar rumah diwajibkan membersihkan diri dahulu sebelum berinteraksi dengan keluarga di rumah.

"Kita tidak bisa bekerja sendiri, begitu juga antar-negara melakukan hal yang sama. Kita semua harus betul-betul melindungi secara lokal nasional dan global dan itu adalah tanggung jawab kita semua," kata dia. 

Sebelumnya, Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, sebanyak 17 persen responden yakin bahwa mereka tidak mungkin dan sangat tidak mungkin tertular Covid-19.

Baca Juga: SWS, Dokter Kasus Aborsi Ilegal di Raden Saleh Meninggal Dunia Positif Covid-19

Hal ini berdasarkan survei BPS terhadap 90.967 responden di Indonesia pada 7-14 September 2020.

Secara rinci, persentase 17 persen itu terdiri dari 12,5 persen responden yang menyatakan tidak mungkin tertular dan 4,5 persen responden yang menjawab sangat tidak mungkin tertular.

"Dari survei masih kelihatan bahwa 17 persen itu mengatakan mereka tak mungkin atau sangat tak mungkin tertular Covid-19," ujar Suhariyanto dalam konferensi pers daring yang ditayangkan kanal YouTube resmi BNPB, Senin (28/9/2020).

Baca Juga: Anies Baswedan: Sudah Ada 100 Rumah Sakit Rujukan bagi Pasien Covid-19 di Jakarta

"Saya pikir angka 17 persen ini persentase yang lumayan tinggi ya," ucap Suhariyanto. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.