Kompas TV nasional sosial

Presiden Jokowi: Kondisi Sekarang Serba Sulit, Kita Semua Harus Kerja Keras!

Kompas.tv - 30 September 2020, 20:40 WIB
presiden-jokowi-kondisi-sekarang-serba-sulit-kita-semua-harus-kerja-keras
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mulai berikan bantuan modal kerja darurat yang pertama di Istana Merdeka Jakarta, Senin (13/7/2020). (Sumber: YouTube: Sekretariat Presiden)
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo meminta para pedagang kecil tetap bertahan dan berjualan di tengah pandemi Covid-19.

Maka darinya, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah akan menyokong para pedagang kecil dengan Bantuan Modal Kerja (BMK) yang bertujuan membantu usaha mereka.

Sebelum membagikan bantuan, Jokowi mengatakan pandemi Covid-19 membuat semua kondisi menjadi sulit, termasuk negara Indonesia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Tol Manado - Bitung akan Tekan Biaya Distribusi Logistik

"Kita tahu semua kondisi tidak mudah. Kondisi berada pada posisi yang sulit baik itu pengusaha yang gede, menengah, kecil atau pengusaha mikro. Kondisinya sulit, tidak ada yang tidak (sulit)," ujar Presiden Jokowi saat menyerahkan Bantuan Modal Kerja di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

"Semuanya berapapun (keuntungan) harus kerja keras dan kita syukuri. Pandemi seperti ini harus kerja keras, tidak bisa tidak," lanjut dia.

Ia mengatakan pada akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021, direncanakan vaksin Covid-19 akan selesai dibuat dan siap disuntikkan ke masyarakat.

Presiden Jokowi menambahkan, setidaknya sebanyak 170 hingga 180 juta orang akan disuntik vaksin. Apabila sebanyak 170-180 juta orang sudah divaksinasi, ia optimistis pandemi akan selesai.

Baca Juga: Pedagang Mengeluh Pendapatan Turun, Jokowi: Disyukuri, Negara Juga Defisit

Ia pun mengatakan, keadaan akan kembali normal apabila pandemi selesai karena para pedagang bisa leluasa berjualan tanpa ada pembatasan.

"Kita ambil hikmahnya. Insya Allah akhir tahun atau awal tahun depan vaksinnya sudah bisa disuntikkan, artinya situasi sudah bisa normal kembali. Tapi yang disuntik kurang lebih 170 - 180 juta, butuh beberapa bulan juga. Ini memerlukan kerja keras kita semua," lanjut Presiden Jokowi.

Diketahui, pemerintah memberikan Bantuan Modal Kerja kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan besaran Rp2,4 juta per orang.

Bantuan Modal Kerja itu diberikan kepada 12 juta pelaku UMKM yang menghadapi kesulitan di masa pandemi Covid-19.

#Jokowi #Corona #BantuanModal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x