Kompas TV regional berita daerah

Perjalanan Secangkir Kopi Malabar

Kompas.tv - 30 September 2020, 16:45 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Sebagai bentuk dukungan dalam pengembangan ekonomi kreatif saat pandemi covid-19/agar pelaku ekonomi kreatif tetap produktif. Dinas pariwisata dab budaya provinsi jawa barat, menghelat acara senandung rasa  dengan menyuguhkan konsep  alam, musik dan ekonomi kreatif.

Diawali dengan jelajah negeri di kawasan malabar mountain pangalengan, melihat langsung bagaimana proses pengolahan kopi khas jawa barat yang sudah terkenal sejak zaman belanda.

Sekitar 49  kilo meter dari kota bandung,  perkebunan kopi berada di kaki gunung Malabar, di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut  tanaman kopi jenis arabika tumbuh subur tidak jauh dari area perkebunan teh.

Dari sinilah dimulai perjalanan panjang secangkir kopi java preanger , konon kopi di pangalengan didatangkan oleh pemerintahan kolonial belanda pada awal abad ke 17.

Kopi dari dataran tinggi pangalengan merupakan salah satu komoditas utama dari sistem tanam paksa oleh voc pada waktu itu yang disebut preanger stelsel atau   sistem priangan.


Setelah dipanen biji kopi kemudian melewati proses pengeringan, kemudian disortir menjadi tiga bagian, diantaranya specialty, premium dan commercial.

Wisata kopi ini menambah daftar destinasi wisata di pangalengan, yang bernilai edukasi proses dari secangkir kopi.

Tidak jauh dari kampung kopi di pangalengan, disparbud jabar menghelat produk ekonomi kreatif, virtual talkshow dan musik di datar pinus, yang dikemas secara virtual melalui akun media sosial disparbud jabar.

Kegiatan senandung rasa ini, sebagai bentuk dukungan pemprov jabar dalam pengembangan ekonomi kreatif saat pandemi covid-19/agar pelaku ekonomi kreatif tetap produktif.

Diharapkan gelaran senandung rasa ini dapat dijadikan salah satu destinasi wisata altenatif di masa pandemi covid-19.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputarJawa Barat, bisa klink link di bawah .

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :https://www.youtube.com/c/kompastvjawabarat/

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x