Kompas TV regional berita daerah

Perjalanan Secangkir Kopi Malabar

Rabu, 30 September 2020 | 16:45 WIB

BANDUNG. KOMPAS. TV - Sebagai bentuk dukungan dalam pengembangan ekonomi kreatif saat pandemi covid-19/agar pelaku ekonomi kreatif tetap produktif. Dinas pariwisata dab budaya provinsi jawa barat, menghelat acara senandung rasa  dengan menyuguhkan konsep  alam, musik dan ekonomi kreatif.

Diawali dengan jelajah negeri di kawasan malabar mountain pangalengan, melihat langsung bagaimana proses pengolahan kopi khas jawa barat yang sudah terkenal sejak zaman belanda.

Sekitar 49  kilo meter dari kota bandung,  perkebunan kopi berada di kaki gunung Malabar, di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut  tanaman kopi jenis arabika tumbuh subur tidak jauh dari area perkebunan teh.

Dari sinilah dimulai perjalanan panjang secangkir kopi java preanger , konon kopi di pangalengan didatangkan oleh pemerintahan kolonial belanda pada awal abad ke 17.

Kopi dari dataran tinggi pangalengan merupakan salah satu komoditas utama dari sistem tanam paksa oleh voc pada waktu itu yang disebut preanger stelsel atau   sistem priangan.


Setelah dipanen biji kopi kemudian melewati proses pengeringan, kemudian disortir menjadi tiga bagian, diantaranya specialty, premium dan commercial.

Wisata kopi ini menambah daftar destinasi wisata di pangalengan, yang bernilai edukasi proses dari secangkir kopi.

Tidak jauh dari kampung kopi di pangalengan, disparbud jabar menghelat produk ekonomi kreatif, virtual talkshow dan musik di datar pinus, yang dikemas secara virtual melalui akun media sosial disparbud jabar.

Kegiatan senandung rasa ini, sebagai bentuk dukungan pemprov jabar dalam pengembangan ekonomi kreatif saat pandemi covid-19/agar pelaku ekonomi kreatif tetap produktif.

Diharapkan gelaran senandung rasa ini dapat dijadikan salah satu destinasi wisata altenatif di masa pandemi covid-19.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputarJawa Barat, bisa klink link di bawah .

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :https://www.youtube.com/c/kompastvjawabarat/

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 

Editor : KompasTV Bandung



BERITA LAINNYA


Peristiwa

Tabrak Pohon, Truk Terguling ke Sawah

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 23:40 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:24
SEBANYAK 831 ORANG LUKA-LUKA DAN 28 LAINNYA TEWAS AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI   SEBANYAK 51 ORANG DAN 2 LAINNYA TEWAS AKIBAT LEDAKAN PIPA GAS DI KOTA SAMAWAH, IRAK   PETENIS NOMOR DUA DUNIA, SIMONA HALEP, POSITIF TERINFEKSI KORONA   MANTAN AKTOR JAMES BOND, SEAN CONNERY, MENINGGAL DUNIA PADA USIA 90 TAHUN   PEBALAP LEWIS HAMILTON JADI YANG TERCEPAT PADA SESI LATIHAN BEBAS PERTAMA FORMULA 1 GRAND PRIX EMILIA ROMAGNA   RUSIA JANJI BANTU ARMENIA JIKA PERANG MELAWAN AZERBAIJAN SUDAH MENYENTUH YEREVAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MINTA MASYARAKAT TAK ANARKISTIS TANGGAPI PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS   SLOVAKIA MULAI PENGUJIAN VIRUS KORONA SECARA MASSAL   SATGAS COVID-19 SUKABUMI: 31 WISATAWAN YANG SEDANG BERWISATA REAKTIF DARI HASIL TES CEPAT KORONA   SATGAS COVID-19: 739.722 SDM TENAGA KESEHATAN SUDAH DISIAPKAN UNTUK VAKSINASI KORONA   PEMPROV JABAR TETAPKAN UMP 2021 SAMA SEPERTI UMP 2020 SEBESAR RP 1.810.351   PEMKOT JAKSEL: HINGGA AKHIR OKTOBER 2020, VAKSINASI RABIES MENCAPAI 70% DARI TARGET 6.500 EKOR HEWAN PELIHARAAN   KEMENTERIAN PUPR: CAPAIAN PEMBANGUNAN PROGRAM SEJUTA RUMAH PER 26 OKTOBER 2020 SEBANYAK 532.254 UNIT   BNPB: TERHITUNG DARI 1 JANUARI-31 OKTOBER 2020, ADA 2.402 BENCANA DI INDONESIA