Kompas TV nasional update corona

Selama Sepekan 5 Kota Ini Belum Beranjak dari Zona Merah Covid-19

Kompas.tv - 30 September 2020, 06:15 WIB
selama-sepekan-5-kota-ini-belum-beranjak-dari-zona-merah-covid-19
Peta penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia (Sumber: Satgas Penanganan Covid-19)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Satgas penanganan Covid-19 menyoroti lima kota yang belum menunjukkan kemajuan dari status zona merah.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan kelima kota tersebut yakni Kota Tangerang (Banten), Kota Pekalongan (Jawa Tengah).

Kota Cirebon (Jawa Barat), Jakarta Selatan (DKI Jakarta) dan Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur).

Baca Juga: Ganjar Pranowo: Alhamdulillah Bagus, Jawa Tengah Sudah Tak Ada Zona Merah Corona

Hasil evaluasi Satgas Covid-19 selama sepekan lima kota tersebut tidak menunjukkan kemajuan untuk beranjak dari zona merah. Secara tak langsung ada yang kurang dari kebijakan pemerintah kota dalam penanganan Covid-19.

"Kami mohon daerah-daerah ini agar dapat meningkatkan penanganan COVID-19 dan segera menurunkan risikonya agar zonasinya menjadi oranye. Mohon sampaikan ke Satgas apabila membutuhkan bantuan dalam rangka betul-betul menekan risikonya," ujar Wiku saat jumpa pers dari Istana Kepresidenan, Selasa (29/9/2020).

Selain lima kota yang tidak beranjak dari zona merah, Wiku juga menjelaskan selama sepekan terakhir jumlah wilayah yang memiliki resiko penularan Covid-19 menjadi meningkat.

Sebelumnya da 58 kabupaten/kota yang berstatus zona merah kini menjadi 62 kabupaten/kota. Begitu juga dengan zona oranye mengalami peningkatan menjadi 305 kabupaten/kota.

Baca Juga: Malang kembali Zona Merah Corona, Wali Kota: Jam Malam DIberlakukan

Sementara wilayah yang tidak terdampak menurun menjadi 16 kabupaten/kota dari sebelumnya 20 kabupaten/kota.

Wiku menegaskan peningakatan daerah yang memiliki resiko penularan Covid-19 selama sepekan ini menjadi peringatan bagi semua pihak untuk meningkatkan protokol kesehatan.

“Ini adalah peringatan buat kita semua,” ujar Wiku.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x