Kompas TV kuliner cerita rasa

Menyusuri Kawasan Pecinan Legendaris di Petak 9 Glodok Jakarta Barat

Kompas.tv - 29 September 2020, 21:27 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menu Lokal episode kali ini akan membawa kita menuju kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Chef Gerry Girianza akan memandu kita untuk berkeliling kawasan pecinan tertua di Jakarta.

Glodok adalah nama daerah di Jakarta Barat, yang terkenal karena aktivitas ekonominya. Selama ini Glodok lekat dengan pusat perdagangan barang elektronik terlengkap dengan harga yang cukup murah.

Banyak pedagang dari luar kota Jakarta yang berbelanja di Glodok, untuk nantinya dijual kembali. Kaum pedagang menyebutnya 'harga distributor'.

Berbicara mengenai sejarah Glodok, ada 1 tempat ibadah yang berumur cukup tua. Kompleks Wihara Dharma Bakti atau yang sering dikenal dengan nama Petak 9, terletak di Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Kawasan Petak 9 akan sangat ramai dan berwarna jelang tahun baru Imlek. Nuansa warna merah akan menghiasi setiap sudut di daerah ini. Iring-iringan Barongsai atau Liong semakin menambah semarak suasana.

Dalam perjalanannya mencari spot foto, Gerry mampir ke salah satu penjual kue bulan. Ia membeli kue bulan isi durian dengan harga Rp 15.000,-

Kue bulan dibuat untuk memperingati sembahyang kepada 8 dewa yang dilakukan setiap tanggal 15 bulan 8 (Agustus).

Setelah membeli kue bulan, Gerry mampir untuk belanja di Toko Jaya Abadi. Toko 



 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x