Kompas TV feature bagaimana sesuatu bekerja

Fungsi Bola-Bola Di Kabel Sutet

Kompas.tv - 29 September 2020, 20:16 WIB
fungsi-bola-bola-di-kabel-sutet
Bola-bola raksasa dengan warna mencolok di jalur sutet ini memiliki fungsi penanda bagi penerbang untuk memberikan jarak guna menghindari terjadinya kecelakaan (Sumber: i learn everyday)
Penulis : Agung Pribadi

Jakarta, Kompas TV - Apakah Anda sering melihat bola berwarna warni, yang terdapat di kabel listrik saluran udara tegangan ekstra tinggi (sutet)?

Karena hampir di setiap jalur sutet, seringkali bola-bola raksasa ini terlihat, dengan warna mencolok dan dipasang dengan jarak tertentu.

Namun, fungsi bola-bola itu bukan buat hiasan ya, melainkan sebagai penanda untuk pilot pesawat terbang, atau pilot helikopter,

Bila di area udara itu ada kabel listrik bertegangan ekstra tinggi. Para pilot akan menghindari area itu. Sebab kabel saja tak akan terlihat dari angkasa.

Itulah sebabnya diberi bola warna warni. Disamping hal itu juga berkaitan dengan protokol keamanan penerbangan.

Kemudian, kenapa harus berbentuk bola? Sederhana saja, karena bentuk bola lah yang dianggap paling aerodinamis, dan bersahabat dengan pergerakan udara. Terutama bila di daerah tersebut memiliki pergerakan angin yang kencang.

Nah,  selain bola-bola tadi, penanda di jalur sutet juga bisa berupa lampu yang berkedip lho. Sehingga saat gelap pun, para pilot tetap dapat melihatnya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x