Kompas TV feature bagaimana sesuatu bekerja

Fungsi Bola-Bola Di Kabel Sutet

Selasa, 29 September 2020 | 20:16 WIB
fungsi-bola-bola-di-kabel-sutet
Bola-bola raksasa dengan warna mencolok di jalur sutet ini memiliki fungsi penanda bagi penerbang untuk memberikan jarak guna menghindari terjadinya kecelakaan (Sumber: i learn everyday)

Jakarta, Kompas TV - Apakah Anda sering melihat bola berwarna warni, yang terdapat di kabel listrik saluran udara tegangan ekstra tinggi (sutet)?

Karena hampir di setiap jalur sutet, seringkali bola-bola raksasa ini terlihat, dengan warna mencolok dan dipasang dengan jarak tertentu.

Namun, fungsi bola-bola itu bukan buat hiasan ya, melainkan sebagai penanda untuk pilot pesawat terbang, atau pilot helikopter,

Bila di area udara itu ada kabel listrik bertegangan ekstra tinggi. Para pilot akan menghindari area itu. Sebab kabel saja tak akan terlihat dari angkasa.

Itulah sebabnya diberi bola warna warni. Disamping hal itu juga berkaitan dengan protokol keamanan penerbangan.

Kemudian, kenapa harus berbentuk bola? Sederhana saja, karena bentuk bola lah yang dianggap paling aerodinamis, dan bersahabat dengan pergerakan udara. Terutama bila di daerah tersebut memiliki pergerakan angin yang kencang.

Nah,  selain bola-bola tadi, penanda di jalur sutet juga bisa berupa lampu yang berkedip lho. Sehingga saat gelap pun, para pilot tetap dapat melihatnya

Penulis : Agung Pribadi



BERITA LAINNYA


Peristiwa

Catat! Jadwal Libur Tahun Baru 2020

Rabu, 25 November 2020 | 14:34 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:46
DALAM PENGAMANAN NATAL & TAHUN BARU, POLRI AKAN GELAR OPERASI LILIN MULAI 23 DESEMBER 2020 HINGGA 4 JANUARI 2021   POLRI KERAHKAN 191.584 PERSONEL UNTUK AMANKAN NATAL & TAHUN BARU 2021   WAPRES MA’ARUF AMIN INGATKAN PELAKU INDUSTRI "FINTECH" PERKUAT KEAMANAN PELAYANAN BAGI MASYARAKAT   WAPRES MA'RUF AMIN: PERKEMBANGAN INDUSTRI TEKNOLOGI FINANSIAL ATAU “FINTECH” DI INDONESIA BERKEMBANG SANGAT PESAT   PRESIDEN JOKOWI INGATKAN PARA MENTERI UNTUK TETAP BERHATI-HATI DALAM MENGGUNAKAN APBN 2021   PRESIDEN JOKOWI: APBN 2021 MASIH DIFOKUSKAN UNTUK PENANGANAN COVID-19, BAIK DI SEKTOR KESEHATAN MAUPUN EKONOMI    PRESIDEN JOKOWI MINTA MENSOS SEGERA MENYALURKAN BANTUAN SOSIAL UNTUK MASYARAKAT PADA AWAL JANUARI 2020   PENYIDIK KPK SITA SEJUMLAH BARANG DAN KARTU DEBIT DALAM PENANGKAPAN MENTERI KP EDHY PRABOWO   DPP GERINDRA DKI MENYATAKAN AKAN JELASKAN SOAL PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO OLEH KPK   SEKJEN KKP ANTAM NOVAMBAR SEBUT PIHAKNYA HARGAI PROSES HUKUM KPK TERKAIT PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO    DARI 17 ORANG YANG DITANGKAP TERDIRI DARI MENTERI EDHY PRABOWO & ISTRI, PEJABAT KKP, SERTA SEJUMLAH PIHAK SWASTA   HINGGA SAAT INI, KPK MENANGKAP 17 ORANG DALAM RANGKAIAN OPERASI TANGKAP TANGAN MENTERI KP EDHY PRABOWO    KETUA HARIAN DPP GERINDRA SUFMI DASCO AHMAD MASIH TUNGGU INFORMASI VALID KPK SOAL PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO   WAKIL KETUA KOMISI IV DPR DEDI MULYADI MENGAKU PRIHATIN DENGAN PENANGKAPAN MENTERI EDHY PRABOWO OLEH KPK