Kompas TV nasional peristiwa

Mahfud MD Tegaskan Pemerintah Tak Larang Warga Tonton Film G30S/PKI

Kompas.tv - 29 September 2020, 19:28 WIB
mahfud-md-tegaskan-pemerintah-tak-larang-warga-tonton-film-g30s-pki
Menko Polhukam Mahfud MD. Mahfud Tegaskan Pemerintah Tak Larang Warga Tonton Film G30S/PKI. (Sumber: Twitter @mohmahfudmd)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menanggapi polemik pemutaran film G30S/PKI.

Menurut Mahfud, pemerintah tidak melarang setiap orang yang akan menonton film G30SPKI, juga tidak mewajibkan masyarakat menyaksikan tayangan tersebut. Jadi hal itu terserah pada individu masing-masing.

Selain itu, Mahfud juga menegaskan bahwa pemerintah tak melarang bagi televisi yang akan menyiarkan film G30S/PKI. Hal itu diserahkan kepada izin hak siar film tersebut.

Baca Juga: Mabes Polri Tolak Izin Nobar Film G30S PKI

"Silakan di YouTube juga ada, televisi mau menyiarkan juga televisi apa saja asal mau menyiarkan tayangan empat setengah jam kalau mau silahkan," katanya, Selasa (29/9/2020).

Meski demikian, lanjut Mahfud, ada hal yang harus diperhatikan jika memang ingin menonton film tersebut. Yakni dilarang mengundang kerumunan massa saat menonton film G30S/PKI

Masyarakat harus tetap memperhatikan protokol kesehatan mengingat kondisi pandemi virus corona (Covid-19).

"Ditonton yang dilarang pemerintah itu melakukan kerumunan. Misalnya nonton bareng mengumpulkan orang di tempat terbuka dan rame-rame nonton bareng itu dilarang. Bukan karena filmnya tapi berlaku untuk semua hal," tegas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Baca Juga: KAMI Gelar Nonton Bareng Film G30S/PKI di Karawang, Gatot Nurmantyo Dikabarkan akan Hadir

Film G30S/PKI

Diketahui, film G30S/PKI sempat menjadi perbincangan di dunia perpolitikan Indonesia usai disinggung mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Gatot menyebut bahwa dirinya diganti sebagai Panglima TNI gegara menginisiasi acara nonton bareng film G30S/PKI.

Film yang diproduksi pada 1984 ini disutradarai dan ditulis oleh Arifin C Noer dengan produser G Dwipayana.

Adegannya dibintangi Amoroso Katamsi, Umar Kayam, Ade Irawan, dan Syubah Asa.

Film dengan durasi 4 jam tersebut akan tayang di televisi swasta malam ini, Rabu, 30 September 2020, mulai pukul 21.00 WIB.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Klaim Penggantian Dirinya sebagai Panglima TNI karena Mewajibkan Film G30S/PKI

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x