Kompas TV nasional sapa indonesia

Kisah Seorang Anak Berjuang Melawan Anemia Akut

Kompas.tv - 29 September 2020, 17:26 WIB
Penulis : Merlion Gusti

KENDAL, KOMPAS.TV - Seorang anak di Desa Kaliputih, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sedang berjuang, melawan penyakitnya, yang didiagnosis dokter menderita anemia akut.

Namun perjuangannya, tak bisa maksimal, karena kondisi keluarganya serba kekurangan, sehingga terkendala biaya untuk perawatan.

Ahmad, seorang anak berusia 13 tahun di Desa Kaliputih, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, terbaring lemas di tempat tidur rumahnya. 

Kondisi tubuhnya yang lemas, karena ia, tengah berjuang melawan penyakit anemia akut, yang didiagnosis oleh dokter, setahun lalu.

Namun penyakitnya, mulai semakin parah, sejak 6 bulan terakhir, yang mengharuskan Ahmad keluar masuk rumah sakit karena terbaring lemas disertai panas tinggi hingga keluar darah dari hidungnya.

Selama perawatan, orangtua Ahmad sementara waktu harus menghentikan semua aktivitas sang anak baik pembelajaran, mengaji, hingga bermain.

Menurut orang tuanya, gejala anemia sebenarnya sudah muncul sejak Ahmad berusia 6 tahun, namun karena keterbatasan akses informasi, Ahmad tidak diberi pengobatan yang intensif.

Hingga memasuki usia 12 tahun, kondisi Ahmad mulai menurun drastis.

Ahmad tak mau berhenti berjuang melawan penyakitnya. Ia ingin bisa bermain kembali seperti teman temannya. Namun karena kondisi ekonomi keluarganya, sang ayah tak lagi bekerja karena pandemi corona.

Sehingga, Ahmad yang seharusnya melakukan transfusi darah minimal 1 kali dalam sebulan, dan harus rutin mengonsumsi vitamin penambah darah, kini sulit untuk dilakukan.

Perjuangan Ahmad, kini hanya bisa dilakukan melalui doa dari orang orang terkasih.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x