Kompas TV olahraga kompas sport

Demi Keselamatan, PSSI Tunda Kompetisi Liga 1 dan 2 Hingga November 2020

Kompas.tv - 29 September 2020, 16:53 WIB
demi-keselamatan-pssi-tunda-kompetisi-liga-1-dan-2-hingga-november-2020
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (Sumber: PSSI)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – PSSI menunda kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga hingga November 2020. Rencananya kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu akan dilanjutkan pada 1 Oktober 2020.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menjelaskan penundaan liga 1 dan 2 ini karena Polri tidak memberi izin keramaian dalam berbagai tingkat tertentu. Hal ini dilatar belakangi situasi pandemi Covid-19 di Indonesia yang belum membaik.

"Menyikapi hal ini, PSSI menghormati dan memahami keputusan Mabes Polri. Pertimbangan keamanan, keselamatan, dan kemanusiaan paling utama," ujar Iriawan saat jumpa pers di Kantor Kemenpora, Selasa (29/9/2020).

Baca Juga: Pemain Timnas Indonesia Dirumorkan Positif Covid-19, Ketum PSSI Berikan Bantahan

Iriawan menambahkan, dimundurnya pertandingan hingga November tidak akan merubah akhir kompetisi yang dijadwalkan selesai pada Maret 2021.

Menurutnya jika diundur Kalau Desember, seluruh jadwal kompetisi akan molor. Diketahui pada April 2021 sudah masuk bulan Ramadhan, sementara Mei sudah memasuki persiapan Piala Dunia U20 2021.

"Kami mohon waktu satu bulan agar bisa menggulirkan kompetisi kembali. Jika tidak, satu generasi tahun ini akan kesulitan," ujar Iriawan.

Lebih lanjut Iriawan juga memberikan apresiasi kepada klub yang sudah berkorban dalam mempersiapkan tim untuk kelanjutan kompetisi.

Baca Juga: Zona Merah Pandemi Covid-19 jadi Sorotan di Manager Meeting Liga 1 2020

Namun keputusan penundaan kompetisi harus diambil lantaran faktor keselamatan dan kemanusiaan lebih utama. Ia berharap Indonesia dapat berangsur pulih dari pandemi Covid-19 dan kegiatan-kegiatan dapat berjalan kembali. Termasuk di bidang olah raga.

"Mari berharap agar pandemi virus corona segera membaik sehingga kompetisi bisa bergulir lagi pada November 2020," kata Iriawan.

Dikutip dari Kompas.com, Liga 1 musim ini pertama kali ditunda akibat pandemi virus corona pada 14 Maret 2020.

Keputusan itu diumumkan Mochamad Iriawan setelah laga pembuka Liga 2 2020. PSSI saat itu memutuskan menunda Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara selama dua pekan.

Baca Juga: PSSI Dapat Izin Gulirkan Liga 1 Indonesia 2020

Dua pekan berselang, tepatnya pada 27 Maret 2020, PSSI memperpanjang masa penangguhan Liga 1 dan Liga 2 dengan pertimbangan status Darurat Bencana virus corona di Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x