Kompas TV regional berita daerah

Pemerintah Meminta Gudang Membuka Pembelian Tembakau Petani

Selasa, 29 September 2020 | 13:56 WIB

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Untuk memastikan hasil panen tembakau petani terjual, Bupati Lumajang, Jawa Timur, Thoriqul Haq, mendatangi salah satu gudang pabrik tembakau pada Senin siang (28/09).

Salah satu gudang tembakau, yang didatangi Bupati adalah milik PT IDS, yang ada di Desa Tempeh Lor, Kecamatan Tempeh. Kedatangan Bupati untuk memastikan apakah gudang tembakau sudah membuka pembelian hasil panen tembakau petani atau tidak.

Dari hasil peninjauan di lapangan, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, mengaku senang karena pihak gudang tembakau sudah menyerap hasil panen tembakau petani.

Meski harga tembakau tidak sebaik saat kondisi ekonomi normal, namun Bupati berharap gudang tembakau terus melakukan pembelian agar ekonomi petani tetap bisa bergerak untuk menghidupi keluarganya di tengah pandemi covid-19.

Baca Juga: Petani Perlu Bermitra Dengan Perusahaan Rokok Agar Tembakau Terjual Mahal

Buying Manager PT IDS, Imam Suwarso, mengaku jika pihak perusahaan tengah mempersiapkan gudang penyimpanan hasil produksi dari petani. Hal ini dilakukan karena kapasitas gudang saat ini hanya bisa memuat 100 ton saja, padahal hasil panen petani bisa mencapai 300 ton.

Dengan tambahan gudang, maka penyimpanan tembakau dari petani bisa dilakukan dengan baik, sehingga kualitas tembakau tetap terjaga meski di musim penghujan.

Sejauh ini sudah ada 3 perusahaan tembakau, yang membuka gudangnya dan sudah menyerap hasil panen tembakau petani. Mereka juga sudah melakukan mekanisme kemitraan dengan petani sejak awal tanam.

 

#PetaniTembakau #GudangTembakau #BupatiLumajang

Editor : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:20
GUBERNUR JATENG MINTA PENGELOLA BIOSKOP TUNDA OPERASI JIKA BELUM SIAP TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN KETAT   PDAM TIRTA AMERTA BLORA BERHENTI SUPLAI AIR BERSIH KE 12.000 SAMBUNGAN RUMAH AKIBAT SUNGAI BENGAWAN SOLO MENGHITAM   PERKANTORAN SWASTA DI BIDANG JASA KEUANGAN DI TIPES, SOLO, DITUTUP SEMENTARA KARENA 13 PEGAWAI POSITIF KORONA   PEMBUKAAN KEMBALI TEMPAT WISATA AIR DI KLATEN, JATENG, DI TENGAH PANDEMI KORONA TUNGGU SK BUPATI   JASA MARGA TARGETKAN PENDAPATAN BISNIS NON-TOL SENILAI RP 268,5 MILIAR HINGGA AKHIR 2020   SATPOL PP JAKARTA PUSAT MENINDAK 2.078 PELANGGAR YANG TIDAK MENGGUNAKAN MASKER SELAMA PSBB TRANSISI   GUBERNUR SUMBAR ANCAM ASN YANG LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DIKURANGI TUNJANGANNYA & DITUNDA KENAIKAN PANGKATNYA   KEMENKOMINFO BERKOLABORASI DENGAN 108 ORGANISASI GUNA BERI LITERASI RUANG DIGITAL BAGI MASYARAKAT   KPK DALAMI PERAN MANTAN DIRUT PERCETAKAN NEGARA ISNU EDHI WIJAYA DALAM KASUS KTP-EL   TGPF INTAN JAYA AKAN SERAHKAN HASIL INVESTIGASI LAPANGAN KE MENKO POLHUKAM MAHFUD MD PADA RABU, 21 OKTOBER 2020   KONTRAS: ADA 158 PELANGGARAN TERHADAP KEBEBASAN SIPIL DALAM 1 TAHUN PERTAMA PEMERINTAHAN JOKOWI-MA'RUF   KOMISIONER KPU HASYIM ASY'ARI MINTA PERSONEL KPU-BAWASLU BEKERJA SESUAI TUGAS & WEWENANG, BUKAN LAMPAUI KEWENANGAN   PEMERINTAH: HINGGA 19 OKTOBER 2020, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 4.092.595 SPESIMEN   HINGGA 19 OKTOBER 2020, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 162.410 ORANG