Kompas TV regional berita daerah

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemerintah Bangun Rumah Sakit

Selasa, 29 September 2020 | 13:51 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota Probolinggo, Jawa Timur, membangun rumah sakit baru untuk rujukan pasien covid-19. Hal ini dilakukan karena rumah sakit yang ada tak mampu lagi menampung pasien covid-19.

Pemerintah Kota Probolinggo telah menyiapkan lahan seluas 5 hektar untuk membangun rumah sakit baru tersebut. Lahan tersebut berada di jalur lingkar selatan arah Probolinggo – Lumajang, tepatnya di Kelurahan Sumber Wetan, Kecamatan Kedopok.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, mengatakan bahwa untuk anggaran pembangunan rumah sakit mencapai 200 miliar dan rumah sakit ditargetkan beroperasi pada tahun 2021 mendatang.

Rumah sakit tersebut nantinya bertaraf internasional dan diproyeksikan sebagai rumah sakit rujukan pasien covid-19. Karena satu-satunya rumah sakit rujukan covid-19 yang tersedia, yakni RSUD dr. Mohamad Saleh tidak mampu menampung pasien baru.

Alhasil, banyak pasien covid-19 di Kota Probolinggo terpaksa dirujuk ke rumah sakit luar daerah, karena kapasitas ruang isolasi dan tenaga medis yang tersedia terbatas.

Rumah sakit tersebut nantinya tidak hanya menampung warga Kota Probolinggo, melainkan juga pasien dari daerah di Tapal Kuda, terutama Lumajang, Situbondo dan Bondowoso.

Baca Juga: Pemprov Jatim Berikan Bantuan Ventilator ke Rumah Sakit Covid-19 di Tapal Kuda

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyempatkan diri untuk memimpin peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit tersebut pada Senin siang (28/09).

Khofifah mengatakan bahwa pemerintah provinsi mendukung penuh pembangunan rumah sakit tersebut, karena fasilitas kesehatan tersebut mengacu pada program prioritas dengan Perpres Nomor 80 Tahun 2019 tentang Pembangunan Infrastruktur di Kawasan Bromo Tengger Semeru (BTS).

Sementara itu, kasus positif covid-19 di Kota Probolinggo saat ini mencapai 465 kasus. Rinciannya adalah 59 pasien masih dirawat, 372 pasien sembuh dan 34 pasien meninggal dunia.

 

#RumahSakitCovid19 #PemkotProbolinggo #GubernuJatim

Editor : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA


Peristiwa

PPP Jawab Kabar Wapres ke-9 Hamzah Haz

Selasa, 20 Oktober 2020 | 09:28 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:47
HARI INI, TERDAKWA DJOKO TJANDRA KEMBALI JALANI SIDANG KASUS SURAT JALAN PALSU DI PENGADILAN NEGERI JAKARTA TIMUR   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL MINTA TNI-POLRI PERKUAT PATROLI PROTOKOL KESEHATAN DI OBYEK WISATA SELAMA LIBUR PANJANG    KEMENKOP UKM MASIH KUMPULKAN TAMBAHAN DATA PEMERIMA BANTUAN SOSIAL BAGI YANG TERDAMPAK PANDEMI COVID-19   POLISI IMBAU MAHASISWA YANG BERUNJUK RASA WASPADAI PENYUSUP SAAT MENYAMPAIKAN ASPIRASI   IRAN MENCATAT ADA 337 KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DALAM 24 JAM TERAKHIR    CEGAH PENYEBARAN COVID-19, KEMENHUB MINTA PENYEDIA JASA TRANSPORTASI TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   MAJELIS ULAMA INDONESIA AKAN BAHAS BAHAYA KOMUNISME DALAM MUSYAWARAH NASIONAL 25-28 NOVEMBER 2020    MENKO POLHUKAM: BUKAN TIDAK MUNGKIN DI ANTARA PENGUNJUK RASA ADA PENYUSUP YANG INGIN MENCARI MARTIR   POLDA METRO JAYA TANGKAP 2 PENGELOLA GRUP FACEBOOK STM SE-JABODETABEK UNTUK KASUS KERICUHAN TOLAK UU CIPTA KERJA   POLRES JAKARTA PUSAT SIAGAKAN 6.000 PERSONEL KAWAL UNJUK RASA TOLAK UU CIPTA KERJA DI ISTANA NEGARA   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 4,6 YANG TERJADI DI PANGANDARAN, JAWA BARAT, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   BMKG MEMPERKIRAKAN SEBAGIAN WILAYAH JAKARTA BERPOTENSI HUJAN DISERTAI PETIR PADA SORE DAN MALAM HARI   DITLANTAS POLDA METRO JAYA SIAPKAN 9 RUTE REKAYASA LALU LINTAS BAGI PENGENDARA DI SEKITAR ISTANA KEPRESIDENAN   ADA UNJUK RASA, DITLANTAS POLDA METRO JAYA IMBAU PENGGUNA JALAN HINDARI KAWASAN MONAS DAN ISTANA MULAI PUKUL 10.00 WIB