Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah Malta Mencari Fosil Gigi Hiu yang Dihadiahkan Untuk Pangeran George

Kompas.tv - 29 September 2020, 03:50 WIB
pemerintah-malta-mencari-fosil-gigi-hiu-yang-dihadiahkan-untuk-pangeran-george
Pangeran George (kiri) tampak antusias dan penasaran ketika menerima hadiah berupa fosil gigi hiu dari David Attenborough, Minggu (27/9/2020)(Sumber: Istana Kensington)
Penulis : Tussie Ayu

VALLETTA, KOMPAS.TV – Pemerintah Malta menyatakan akan berusaha untuk mengambil fosil gigi hiu yang diberikan kepada Pangeran George, oleh penyiar veteran dan naturalis David Attenborough.

Attenborough menemukan fosil tersebut saat berlibur ke Malta, sebuah pulau di Mediterania, pada tahun 1960-an.

Menteri Kebudayaan Jose Herrera mengatakan dia akan "menjemput bola" untuk mendapatkan fosil itu, untuk dipamerkan di museum Malta.

"Ada beberapa artefak warisan alam yang penting, namun berakhir di luar negeri. Artefak seperti ini pantas untuk diambil kembali," katanya kepada Times of Malta.

Fosil tersebut diyakini berumur sekitar 3 juta tahun, yang berupa gigi dari spesies hiu raksasa yang telah punah. Hiu raksasa ini dapat tumbuh hingga 16 meter, sekitar tiga kali ukuran hiu putih besar modern.

Attenborough, 94 tahun, mempersembahkan fosil itu kepada Pangeran George saat menonton film dokumenter barunya secara pribadi di Istana Kensington, Minggu (27/9/2020).

Foto-foto yang dirilis oleh istana Kensington selama akhir pekan lalu menunjukkan Pangeran George, putra pertama Pangeran William yang berusia 7 tahun tampak penasaran saat melihat fosil tersebut.

Malta adalah negara bekas koloni Inggris yang memperoleh kemerdekaan pada tahun 1964.

Sedangkan pihak Kensington Palace menolak untuk berkomentar mengenai masalah ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x