Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kritik Soal HAM, Vanuatu Ternyata Tidak Ikut Konvensi Soal Penghapusan Diskriminasi Ras

Selasa, 29 September 2020 | 01:08 WIB

NEWYORK, KOMPASTV – Diplomat muda RI Silvany Austin Pasaribu ungkap negara Vanuatu ternyata belum sahkan konvensi Internasional tentang Penghapusan Diskriminasi Ras untuk negaranya.

Hal ini ia jelaskan Sylivany dalam menggunakan hak jawab dalam Sidang Majelis Umum PBB untuk membantah tudingan yang dilayangkan PM Vanuatu, Bob Loughman soal isu Papua.

Silvany mengatakan Indonesia sudah mengesahkan konvensi Internasional tentang penghapusan Diskriminasi Ras dan tercantum dalam undang-undang RI nomor 29 Tahun 1999.

Terkait hal itu Silvany mengungkap ternyata negara Vanuatu ternyata belum pernah ikut menandatangani Konvensi Internasional tersebut.

“Kita sudah mengesahkan konvensi internasional tentang penghapusan diskriminasi ras dan menariknya Vanuatu belum pernah ikut menandatanganinya,”Ujar Silvany di akun Youtube PBB, Minggu (27/9/2020)

Selanjutnya Silvany juga bingung dengan sikap Vanuatu, dan mempertanyakan kepedulian pemerintahan kepada penduduk asli disana.

“Dia belum pernah menandatangani perjanjian internasional tentang hak ekonomi sosial dan budaya sebagai inti dari instrumen HAM. Ini menjadi pertanyaan apakah mereka benar-benar peduli pada penduduk asli,”ujar Silvany

Silvany secara gamblang mengungkapkan Vanuatu juga belum pernah menandatangani dan mengesahkan konvensi yang menentang penyiksaan dan kekejaman dalam perjanjian atau hukuman yang bersifat merendahkan martabat.

Silvany tegas meminta kepada pemerintah Vanuatu untuk selesaikan tanggung jawab HAM terhadap rakyatnya sendiri maupun dunia.

Editor : Theo Reza



BERITA LAINNYA


Peristiwa

Tabrak Pohon, Truk Terguling ke Sawah

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 23:40 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
02:26
SEBANYAK 831 ORANG LUKA-LUKA DAN 28 LAINNYA TEWAS AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI   SEBANYAK 51 ORANG DAN 2 LAINNYA TEWAS AKIBAT LEDAKAN PIPA GAS DI KOTA SAMAWAH, IRAK   PETENIS NOMOR DUA DUNIA, SIMONA HALEP, POSITIF TERINFEKSI KORONA   MANTAN AKTOR JAMES BOND, SEAN CONNERY, MENINGGAL DUNIA PADA USIA 90 TAHUN   PEBALAP LEWIS HAMILTON JADI YANG TERCEPAT PADA SESI LATIHAN BEBAS PERTAMA FORMULA 1 GRAND PRIX EMILIA ROMAGNA   RUSIA JANJI BANTU ARMENIA JIKA PERANG MELAWAN AZERBAIJAN SUDAH MENYENTUH YEREVAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MINTA MASYARAKAT TAK ANARKISTIS TANGGAPI PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS   SLOVAKIA MULAI PENGUJIAN VIRUS KORONA SECARA MASSAL   SATGAS COVID-19 SUKABUMI: 31 WISATAWAN YANG SEDANG BERWISATA REAKTIF DARI HASIL TES CEPAT KORONA   SATGAS COVID-19: 739.722 SDM TENAGA KESEHATAN SUDAH DISIAPKAN UNTUK VAKSINASI KORONA   PEMPROV JABAR TETAPKAN UMP 2021 SAMA SEPERTI UMP 2020 SEBESAR RP 1.810.351   PEMKOT JAKSEL: HINGGA AKHIR OKTOBER 2020, VAKSINASI RABIES MENCAPAI 70% DARI TARGET 6.500 EKOR HEWAN PELIHARAAN   KEMENTERIAN PUPR: CAPAIAN PEMBANGUNAN PROGRAM SEJUTA RUMAH PER 26 OKTOBER 2020 SEBANYAK 532.254 UNIT   BNPB: TERHITUNG DARI 1 JANUARI-31 OKTOBER 2020, ADA 2.402 BENCANA DI INDONESIA