Kompas TV nasional aiman

Misteri Proposal 140 Miliar Kasus Djoko-Pinangki - AIMAN (Bag 3)

Senin, 28 September 2020 | 22:05 WIB

Jaksa Pinangki Sirna Malasari telah menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Pinangki merupakan tersangka kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait kepengurusan fatwa untuk Djoko Tjandra di Mahkamah Agung (MA).

Dalam sidang yang digelar pada Rabu (23/9), Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Pinangki menerima uang 500 ribu dollar AS dari Djoko Tjandra untuk mengurus fatwa MA. Uang suap itu kemudian, diantaranya, digunakan Pinangki untuk membeli mobil mewah, menyewa apartemen mewah, dan perawatan kecantikan di luar negeri. Dalam sidang juga terungkap, Djoko Tjandra meminta Pinangki membuat rencana aksi atau action plan demi melancarkan rencana permintaan fatwa MA melalui Kejagung. Pinangki memasukkan nama Jaksa Agung, ST Burhanuddin dan mantan Ketua MA, Hatta Ali, dalam proposal rencana aksi tersebut. Terakhir, Pinangki didakwa melakukan pemufakatan jahat bersama tersangka lain dalam kasus ini, yaitu Djoko Tjandra dan Andi Irfan Jaya, terkait menjanjikan sesuatu kepada penyelenggara negara agar memuluskan fatwa.

Namun, ada yang menjadi sorotan dalam dakwaan itu. Tak dijelaskan kenapa Djoko Tjandra bisa percaya begitu saja pada Pinangki. Juga, tak diungkap siapa saja ‘tim sukses’ Pinangki urus fatwa MA. Selain itu, tak diuraikan secara rinci cara Pinangki sukseskan rencana aksi. 

Editor : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Opini

Satu Jam Bersama Pak Jusuf Kalla di Vatikan

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 22:06 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:26
KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN TERUS DORONG PEMBANGUNAN 27 KAWASAN INDUSTRI BARU   KEMENDAG DORONG EKSPOR PRODUK HALAL KE NEGARA YANG TAK TERGABUNG DALAM ORGANISASI KERJA SAMA ISLAM (OKI)   WAPRES MA'RUF AMIN SEBUT PERKEMBANGAN INDUSTRI HALAL HARUS SEIRING DENGAN KEBIJAKAN PRO-UMKM   POLISI TETAPKAN 11 TERSANGKA PERUSAK KANTOR DPD NASDEM MAKASSAR SAAT DEMO TOLAK UU CIPTA KERJA   PRESIDEN JOKOWI: PANDEMI COVID-19 JADI MOMENTUM TRANSFORMASI SISTEM KESEHATAN   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN SEBUT TRANSAKSI DIGITAL MENINGKAT HINGGA 64 PERSEN SELAMA PSBB   SELAMA PANDEMI, GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN SEBUT 1 JUTA ORANG DI JAKARTA BEKERJA DARI RUMAH   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO SEBUT ADA KEPALA DAERAH SENGAJA TIDAK TES COVID-19 AGAR TETAP DI ZONA HIJAU   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, BUPATI LEBAK TUTUP SELURUH LOKASI WISATA SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER   JELANG LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER, PEJABAT SEMENTARA GUBERNUR JAMBI MINTA POS JAGA PERBATASAN DIAKTIFKAN   DISHUB JATENG: POSKO PANTAU AKAN DIDIRIKAN DI EXIT TOL BREBES, GERBANG TOL KALIKANGKUNG, DAN SIMPANG BAWEN-AMBARAWA   ANTISIPASI LONJAKAN PENDATANG SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER, DISHUB JATENG BUAT TIGA POSKO PANTAU   PANTAU WARGA JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN, BUPATI SUMEDANG PASANG CCTV PEMANTAU DI 5 TITIK KERAMAIAN   PANDEMI COVID-19, MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEGASKAN PENANGANAN KESEHATAN DAN EKONOMI HARUS BERSAMAAN