Kompas TV regional berita daerah

Tolak Meterisasi Air, Warga Demo Kantor Desa

Kompas.tv - 28 September 2020, 19:20 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS TV- Ratusan warga di Madiun, Jawa Timur, Senin pagi, mendatangi Kantor Desa setempat  menolak program meterisasi air bersih, yang merupakan rangkaian proyek pengadaan saluran air bersih, dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Madiun. Warga menolak karena kwatir sumber air bersih yang selama ini digunakan warga akan terganggu.

Ratusan warga Desa Blimbing, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mendatangi Kantor Desa setempat, sebagai bentuk penolakan terhadap meterisasi air bersih, yang sedang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Madiun.

Kedatangan warga ini, menyusul forum musyawarah yang diadakan pihak desa bersama perwakilan warda, Dinas PUPR dan Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun. Sayangnya, upaya musyawarah menemui jalan buntu.

Warga bersikeras menolak program pengadaan saluran air bersih, dengan nilai investasi 800 juta rupiah. Pasalnya, program tersebut dinilai akan mengganggu sumber air bersih yang selama ini menjadi sumber utama untuk keperluan warga. Warga menilai program meterisasi air bersih juga akan memberatkan warga, sebab sejak tahun 1997 lalu, warga telah mengolah air bersih secara gotong royong, dan saat ini cukup membayar iuran  tiga ribu rupiah perbulan untuk mendapatkan air bersih.

Di Desa Blimbing, tercatat sedikitnya 1000 kepala keluarga mengandalkan air bersih dari HIPAM, yang bersumber dari lereng Gunung Wilis.

#beritamadiun

#demo

#meterisasi

#saluranair



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x