Kompas TV video cerita indonesia

Mencicipi Nasi Uduk Warna Warni di Probolinggo

Kompas.tv - 28 September 2020, 15:11 WIB
Penulis : Aryo bimo

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Dapur Jamilah yang berada di kompleks pertokoan Katamso Square Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, tak pernah sepi pembeli. Sejak 2 bulan terakhir, rumah makan ini ramai dikunjungi warga.

Menu andalan yang diburu adalah nasi uduk warna-warni. Makanan khas betawi yang terbuat dari olahan nasi putih ini disajikan berbeda.

Indah Mustika, si pemilik rumah makan, menginisiasi nasi uduk warna-warni, merah jambu dan hijau. 

Proses pembuatannya tak jauh beda dengan nasi uduk kebanyakan. Nasi putih dicampur dengan rempah-rempah seperti pala, jahe, kayu manis, serai dan santan.

Namun ditangan Indah, nasi uduk dicampur daun suji dan daun pandan untuk menghasilkan warna hijau. Indah mengambil sari buah bit untuk mendapatkan warna merah jambu.

Nasi uduk warna-warni disajikan dengan pelengkap berupa kremesan, jeroan, sambal hijau, kemangi dan mentimun.

1 porsi nasi uduk warna-warni dijual dengan harga Rp 24.000,-. Dalam sehari Indah mampu menjual 100 porsi nasi uduk warna-warni.

Penasaran? Bagi anda yang berkunjung atau melintas di Kota Probolinggo, rasanya sayang jika melewatkan kuliner unik ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.